Berita Jember

Hasil Ungkap Operasi Sikat Semeru, Polres Jember Bekuk 113 Tersangka. 15 di Antaranya Pelaku Begal

Begal itu tidak hanya merampas ponsel sambil mengacungkan senjata tajam, tetapi juga memerkosa korban.

Hasil Ungkap Operasi Sikat Semeru, Polres Jember Bekuk 113 Tersangka. 15 di Antaranya Pelaku Begal
surya/sri wahyunik
Suasana rilis Operasi Sikat Semeru 2018 Polres Jember 

SURYA.co.id | JEMBER - Polisi Jember menangkap 15 orang begal selama Operasi Sikat Semeru 2018 yang berlangsung, 5 - 16 September. Para tersangka begal ini termasuk dalam keseluruhan 113 orang yang ditangkap selama Operasi Sikat Semeru 2018 tersebut.

Kapolres Jember, AKBP Kusworo Wibowo, mengatakan selama Operasi Sikat Semeru 2018, polisi Jember mengungkap 89 kasus dengan 113 tersangka.

"Dengan berbagai jenis kejahatan antara lain pencurian dengan pemberatan, pencurian dengan kekerasan atau yang dikenal dengan begal, juga ada debt collector, pencurian kendaraan bermotor, juga penyalahgunaan senjata api dan senjata tajam," ujar Kusworo dalam konferensi pers di Mapolres Jember, Kamis (20/9/2018).

Kusworo menambahkan dalam kasus pembegalan, ada 15 orang begal yang ditangkap. Dari 15 orang itu, termasuk begal yang merampas ponsel di kawasan wisata Pantai Watu Ulo Kecamatan Ambulu.

Begal itu tidak hanya merampas ponsel sambil mengacungkan senjata tajam, tetapi juga memerkosa korban.

Rincian jumlah tersangka dari beberapa kasus itu adalah, 42 orang tersangka kasus pencurian dengan pemberatan, 15 orang begal, 36 orang tersangka penyalahgunaan senjata tajam, satu orang kepemilikan senjata api tanpa izin, dua orang debt collector, dan delapan tersangka kejahatan jalanan.

Barang bukti yang diamankan, terdiri atas 22 sepeda motor, satu truk, satu mobil, 26 ponsel, satu senjata angin dan 15 butir peluru, 14 pisau, 19 celurit, dua parang, juga tiga jenis ayam bangkok.

Khusus untuk begal, kata Kusworo, pihaknya menindak tegas. Polisi menembak beberapa orang begal itu.

"Karena dalam melakukan aksinya mereka tidak segan melukasi korban, menendang serta merampas barang korban. Kami melakukan tindakan diatur oleh Peraturan Kapolri dengan melewati enam tahapan," tegas Kusworo.

Dari 113 tersangka itu, 70 orang ditahan di Rutan Polres Jember dan sisanya dititipkan di Lapas Jember.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved