Berita Banyuwangi

Sambut Annual Meeting IMF-WB, Menteri Keuangan hingga Bank Dunia Ada di Banyuwangi

Banyuwangi ditetapkan sebagai daerah penyangga Bali untuk pertemuan yang bakal diikuti 17.000 delegasi berbagai negara di dunia.

Sambut Annual Meeting IMF-WB, Menteri Keuangan hingga Bank Dunia Ada di Banyuwangi
Bupati Banyuwangi Azwar Anas dan Menteri Keuangan Sri Mulyani 

SURYA.co.id | BANYUWANGI - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (SMI) membuka seminar dalam program “Voyage to Indonesia” di Banyuwangi, Rabu (19/9/2018).

Seminar itu digelar dalam rangkaian menyambut ajang International Monetary Fund (IMF) - World Bank (WB) Annual Meetings yang bakal digelar Oktober 2018 di Bali.

Banyuwangi telah ditetapkan sebagai daerah penyangga Bali untuk pertemuan yang bakal diikuti 17.000 delegasi berbagai negara di dunia.

Selain SMI, hadir dalam seminar itu berbagai pemangku kepentingan di industri pariwisata, baik dalam maupun luar negeri.

Di antaranya Utusan Presiden untuk Pengendalian Perubahan Iklim Rachmat Witoelar, Program Leader Bank Dunia Yongmei Zhou, Deputi Pengembangan Destinasi Kementerian Pariwisata Dadang Rizki Ratman, Dewan Eksekutif Pacific Asia Travel Association Abdulla Ghiyas, dan CEO ayojalanjalan.com Muhammad Syafaat.

"Kami memilih Banyuwangi ini karena dianggap unik. Banyuwangi ini menggambarkan bahwa berbagai macam kegiatab pariwisata di Indonesia bisa dikembangkan oleh daerah, dan biasanya didukung leadership, peran kepala daerahnya menjadi sangat penting,” ujar Sri Mulyani.

SMI menambahkan, dalam konteks ekonomi nasional, pembangunan pariwisata bisa membantu ekonomi rakyat sekaligus menambah devisa negara.

Namun, pariwisata bukan semata penerimaan devisa, namun lebih pada bagaimana masyarakat menikmati pembangunan pariwisata.

“Oleh karena itu, pengembangan pariwisata harus inklusif. Banyuwangi sekali lagi menjadi tempat yang bisa dijadikan contoh dalam menciptakan pariwisata yang inklusif. Ada homestay rakyat, ada pelibatan rakyat dalam kegiatan pariwisata,” kata SMI.

Terkait ajang IMF-WB Annual Meetings, SMI mengatakan, saat ini persiapan sudah 94 persen.

Termasuk Banyuwangi sebagai daerah penyangga terus disiapkan.

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help