Rumah Politik Jatim

Kemendagri Apresiasi Tekad KPU yang Perbaiki DPT di 60 Hari Kedepan

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahyo Kumolo mengapresiasi langkah Komisi Pemilihan Umum (KPU) memperbaiki Data Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019.

Kemendagri Apresiasi Tekad KPU yang Perbaiki DPT di 60 Hari Kedepan
IST
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahyo Kumolo, saat menggelar pertemuan dengan KPU RI, beberapa waktu lalu. 

SURYA.co.id | SURABAYA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahyo Kumolo mengapresiasi langkah Komisi Pemilihan Umum (KPU) memperbaiki Data Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019.

Untuk melakukan proses perbaikan tersebut, KPU pun terpaksa menunda proses penetapan selama 60 hari ke depan pasca keluarnya putusan ini.

“Kami sangat mengapresiasi langkah KPU tersebut. Langkah ini merupakan kesepakatan bersama antara KPU, Bawaslu, Perwakilan Parpol yang dihadiri oleh Kemendagri”, jelas Tjahjo di Jakarta melalui rilis yang diterima SURYA.co.id (Tribun Jatim Network) di Surabaya, Rabu (19/9/2018).

"Kurun waktu dua bulan tersebut saya kira adalah waktu yang cukup untuk menyisir kembali apa yang kurang pas," jelasnya.

Langkah KPU untuk memperpanjang perbaikan DPT diputuskan dalam rapat pleno rekapitulasi data pemilih tetap hasil perbaikan (DPTHP) di kantor KPU, Jakarta, pada Minggu (16/9/2018).

Di dalam rapat pleno tersebut, semua pihak sepakat bahwa KPU akan menyandingkan Daftar Penduduk Potensial Pemilih (DP4) untuk mengetahui data pemilih ganda dan data pemilih pemula yang berusia 17 tahun pada saat hari pemilihan.

Tjahjo melanjutkan, dalam proses perbaikan DPT tersebut tidak ada pihak yang salah.

Menurutnya, kesalahan data bisa dikarenakan ada yang belum memperbaharui data anggota keluarganya sudah meninggal, dan berbagai faktor lainnya.

“Kami harap tidak saling menyalahkan. Faktor kesalahan data bisa dikarenakan lupa memperbaharui data. Misalnya, ada anggota keluarga yang meninggal, pindah, dan banyak lagi faktor lainnya”, ungkap Tjahjo.

Lebih lanjut, Tjahjo menghimbau bahwa masyarakat tidak perlu curiga terhadap perbaikan DPT tersebut.

Halaman
123
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Iksan Fauzi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help