Kuliner

Pentados Restaurant Sajikan Seafood Tower Keroyokan, Udang dan Kerang Pemikat Citarasa

Menikmati sajian olahan makanan laut (seafood) tak sekadar dari citarasa masakan, tetapi tampilan juga tak kalah penting

Pentados Restaurant Sajikan Seafood Tower Keroyokan, Udang dan Kerang Pemikat Citarasa
surya.co.id/ahamad zaimul haq
Seafood Tower Keroyokan sajian Pentados Restaurant. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Menikmati sajian olahan makanan laut (seafood) tak sekadar dari citarasa masakan, tetapi tampilan juga tak kalah penting. Ini menjadi perhatian Pentados Restaurant yang  menyuguhkan sajian seafood gaya beda. Sajian ini diberi nama Seafood Tower Keroyokan.

Pemilik Pentados Restaurant, Devi Gunawan menuturkan, bentuk menu seafood bertingkat ini sebenarnya terinspirasi dari menu masakan dari luar negeri.

“Saya pernah mencoba kuliner seafood di beberapa negara Eropa dan Asia. Mereka ada yang menyuguhkan seafood dengan sajian berbeda,” tuturnya, Senin (17/9/2018).

Tampilan menu seafood tower ini memang berbeda dari sajian yang selama ini ada. Pada Seafood Tower ini, ada dua jenis yang dipakai yakni udang windu dan kerang batik. Pentados membuat sajian menu ini jadi tiga tingkat, dimana tiap tingkat diletakkan udang windu berjajar penuh di tepi wadah. Di bagian dalam ditaruh kerang batik siap santap dan selada air.

“Diletakkan di tepi wadah, agar konsumen bisa mudah menyantapnya,” ujarnya.

Sedangkan di tingkat puncak, ada tambahan berupa nasi tumpeng. Pentados memasukkan nasi tumpeng sebagai variasi, mengikuti budaya Jawa yang sering membuat nasi tumpeng ketika ada event khusus.

“Untuk pilihan nasi tumpeng itu, dia bisa menyuguhkan nasi putih atau kuning. “Ini sesuai selera konsumen. Namun diberi nasi tumpeng, agar konsumen mudah menyantap seafood dengan nasi,” tuturnya.

Olahan minimalis ditujukan pada udang dan kerang batik yang disajikan pada seafood tower itu. Pentados hanya menambah bahan utama seperti bawang putih saat mengukus, agar citarasa alami pada udang dan kerang tetap terjaga. Citarasa alami yang biasanya muncul adalah rasa manis pada dagingnya. “Hanya dikukus dan disajikan,” katanya.

Selain menu utama pada tower, Pentados juga menyajikan 15 menu seafood berbeda di bagian bawah seafood tower. Dari 15 menu seafood itu, ada lima menu utama dengan bahan kepiting lokal. Kelima menu kepiting ini adalah masakan Garlic Butter Crap, Oseng-oseng Kepiting, dan Black Pepper Crap. Sedangkan menu di luar kepiting, adalah masakan beberapa jenis ikan laut dan cumi-cumi.

“Menu masakan seafood ini makin lengkap dengan variasi sambel, seperti dabu-dabu, sambel tauco, dan sambel matah. Jenis sambel ini cocok disantap dengan seafood. Semuanya itu bisa disantap keroyokan maksimal 30 orang,” jelasnya.

Sementara itu, seorang konsumen, Indrawati (35) mengaku bahwa tampilan dan sensasi seafood tower itu memang jarang ada di Surabaya dan Jatim. Bentuk bertingkat, membuatnya punya pilihan mencicipi seafood udang dan kerang bersama nasi.

“Rasanya mantap dan segar. Citarasanya gurih dan agak manis dari dagingnya,” pungkasnya. 

Penulis: Sudharma Adi
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help