Berita Jember

Ini Tujuan Desainer Lia Afif Angkat Batik Jember di Paris Fashion Week

Sebagai desainer Indonesia, Lia Afif memang berkomitmen menampilkan kain-kain Nusantara.

Ini Tujuan Desainer Lia Afif Angkat Batik Jember di Paris Fashion Week
surya/sri wahyunik
Pantai Papuma Jember menjadi lokasi pemotretan koleksi desainer Lia Afif, Sabtu (15/9/2018). Koleksi itu nantinya bakal ditampilkan di ajang Paris Fashion Week, 25 September. 

SURYA.co.id | JEMBER - Eksplorasi batik Jember ini menambah panjang daftar Lia Afif dalam menampilkan batik Jawa Timur ke kancah fashion internasional. Karena sebelum membawa batik Jember ke Paris Fashion Week, pada Februari lalu, Lia membawa batik Trenggalek ke London Fashion Week. Dia juga membawa batik Tuban ke ajang fashion internasional di Jepang.

"Jawa Timur itu sangat kaya, termasuk batiknya. Tidak akan ada habisnya berbicara tentang batik di Jawa Timur, dan mengeksplorasinya dalam fashion," kata Lia Afif.

Sebagai desainer Indonesia, Lia Afif memang berkomitmen menampilkan kain-kain Nusantara. Setelah sebelumnya dia banyak mengeksplorasi tenun, sekarang Lia Afif pun melirik batik untuk ditampilkan dalam gaun Muslimah koleksinya.

"Saya ingin mendukung juga batik-batik di Jatim. Sebelumnya ada Tuban, Ngawi, dan Trenggalek, sekarang Jember. semuanya beda motif dan sangat kaya," tegasnya.

Lia Afif mengakui bekerjasama dengan pemerintah daerah setempat untuk mengangkat batik khas daerah masing-masing.

Dia berkomitmen akan terus berkeliling untuk mengangkat kain Nusantara termasuk batik, sebagai salah satu cara ikut melestarikan dan mempromosikan.

Dan kali ini Lia Afif bersama dengan Pemerintah Kabupaten Jember bersama-sama membawa Kain Batik Jember yang eksotik dan mengangkat unsur hasil bumi di Jember yang menjadi penggerak perekonomian masyarakat Jember selain pariwisata.

Hasil bumi itu, coklat, kopi, dan tembakau. Menggunakan kain batik yang diproduksi dengan menggunakan pewarnaan Alam, Lia Afif ingin melestarikan budaya dan teknik pewarnaan alam sehingga tidak hilang lekang oleh jaman.

Untuk koleksi Paris Fashion Week, Lia Afif menghadirkan Criolla Charmera yang mengambil ide dari kata Criollo, yakni salah satu jenis tanaman coklat terbaik di dunia dan kata Charme (bahasa Perancis) yang berarti pesona. Sehingga Criolla Charmera berarti rangkaian pesona dari warna coklat yang cantik.

Konsep dan ide dasar yang digunakan dalam rangkaian rancangan kali ini di dapat dari warna Batik Jember yang sarat dengan warna coklat dan motif hasil bumi serta aksen biru elektrik yang cantik.

Menggunakan Siluet A dengan rangkaian disain yang mempesona khas Lia Afif, yakni menonjolkan unsur etnik dan glamor serta Kain Nusantara.

Padu padan Batik Tulis Jember di kombinasikan dengan kain duchess, lace, chiffon dan organdi yang bermain di warna hitam untuk menampilkan keindahan warna buah coklat, kopi, dan tembakau.

Warna-warna kuat itu diambil untuk menggambarkan wanita cantik yang tangguh. Pemakaian warna biru elektrik sebagai aksen, melambangkan kecerahan musim semi.

Semua itu dipadupadan dengan detil cantik dan rumit yang ditata cantik dengan menonjolkan masing-masing motif batik Jember, lace, dan juga variasi manik-manik.

Profil bunga-bunga dan dedaunan yang dirangkai indah dalam busana ini semakin menampilkan kecantikan penggunanya.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help