Berita Banyuwangi

Badan Narkotika Kabupaten akan Beroperasi di Banyuwangi

Badan Nasional Narkotika Provinsi (BNNP) Jatim, akan mengoperasikan Badan Narkotika Kota/Kabupaten (BNK) di Banyuwangi.

Badan Narkotika Kabupaten akan Beroperasi di Banyuwangi

‎SURYA.co.id | BANYUWANGI - Badan Nasional Narkotika Provinsi (BNNP) Jatim, akan mengoperasikan Badan Narkotika Kota/Kabupaten (BNK) di Banyuwangi.

Kepala BNNP Jatim, Brigjen Bambang Budi Santoso, mengatakan, ‎saat ini Banyuwangi telah menjadi daerah yang maju baik perekonomian maupun pariwisatanya.

Hal ini membuat Banyuwangi semakin banyak didatangi oleh banyak orang dari berbagai tempat.

“Apalagi sebentar lagi Banyuwangi juga bakal memiliki penerbangan internasional di bandaranya. Belum lagi posisi Banyuwangi sebagai pintu masuk Jawa bagian timur melalui jalur laut, pastinya semakin banyak orang yang datang kesini,” kata Bambang.

Banyaknya orang yang datang, kata Bambang sangat berpeluang bagi munculnya tindakan negatif salah satunya masuknya peredaran narkotika.

Untuk itu sebagai antisipasi, Banyuwangi perlu untuk segera memiliki kantor BNN tingkat Kabupaten.

“Saat ini tidak bisa dipungkiri jika di Indonesia, narkotika bahkan sudah sampai menjangkau wilayah pedesaaan dan Banyuwangi harus mengantisipasi ini. Saya sudah berbincang dengan Bupati Anas, dan beliau sangat mendukung upaya ini. Penanganan masalah narkoba memang perlu dukungan semua pihak” ujar Bambang.

Bambang menambahkan dengan adanya BNN di tingkat kabupaten, maka penanganan masalah narkotika akan berlangsung secara menyeluruh.

Mulai pemberantasan, pencegahan dan pemberdayaan hingga rehabilitasi dan pasca rehabilitasi.

“Jadi BNN itu tidak sekedar menangkap pengguna atau pengedar narkotika, tapi juga memutus mata rantai peredaran narkotika. Misalnya, kalau ada penggunan yang sudah terjerat maka ada BNN yang bisa melakukan rehabilitasi. Di sinilah peran BNN untuk mendampingi dan penyembuhan pemakai,” ujarnya.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, narkotika dan obat-obatan terlarang merupakan ancaman serius bagi generasi muda. Karenanya, daerah sangat mendukung berdirinya lembaga ini.

“Masalah peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang menjadi perhatian penting bagi pemerintah daerah. Kami ingin generasi muda Banyuwangi aman dari ancaman bahaya narkoba,” kata Anas.

Saat ini, pemkab tengah mempersiapkan pendirian BNN, salah satunya membentuk tim untuk pendirian BNN tingkat kabupaten.

Rencananya, lembaga ini akan mulai beroperasi pada tahun 2019.

Penulis: Haorrahman
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help