Berita Surabaya

Pencairan Gaji Guru Swasta Setara UMK Tunggu RAB, Pemkot Deadline Besok Sore

Pemerintah Kota Surabaya memberikan deadline pengumpulan rencana anggaran belanja (RAB) untuk jenjang SD, SMP swasta.

Pencairan Gaji Guru Swasta Setara UMK Tunggu RAB, Pemkot Deadline Besok Sore
surya/fatimatuz zahro
Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang Eri Cahyadi. 

SURYA.CO.ID | SURABAYA  - Pemerintah Kota Surabaya memberikan deadline pengumpulan rencana anggaran belanja (RAB) untuk jenjang SD, SMP swasta pada besok Senin (17/9/2018) sore.

Sekitar 600 sekolah SD dan SMP swasta di Surabaya harus sudah mengumpulkan RAB lembaganya maksimal besok sore.

Deadline ini diterapkan untuk mengejar waktu yang terbatas guna penyusunan rencana anggaran belanja perubahan untuk APBD 2018.

Jika RAB ini sampai besok tidak terkumpul maka rencana memberikan gaji UMK untuk guru swasta di tahun 2018 bisa gagal.

Kepala Badan perencanaan dan pembangunan kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan memang rencana pemberian gaji UMK untuk guru swasta disosialisasikan dimulai untuk 2019.

"Tapi kalau di 2018 laporan dan perencanaan dibuat masing-masing sekolah disampaikan ke Pemkot dan nututi waktunya maka bisa dimasukkan dalam APBD Perubahan 2018," kata Eri Cahyadi, Minggu (17/9/2018).

Sehingga RAB yang diserahkan bisa menjadi landasan dan bisa dihitung bersama oleh Pemkot dan juga DPRD untuk kebutuhan alokasi anggaran dalam APBD perubahan 2018.

Namun nyatanya sampai saat ini masih sedikit sekolah atau lembaga swasta yang menyerahkan rencana anggaran belanja hanya kepada pemerintah kota.

Diakui Eri hal ini ini menghambat dimasukkannya anggaran alokasi untuk guru swasta dalam APBD Perubahan 2018.

"Sampai saat ini belum selesai. Insyaallah teman-teman sekolah swasta butuh Waktu sampai Senin. Ya semoga sudah selesai sehingga bisa jadi acuan bagi kami," tambah mantan Kepala Dinas Cipta Karya ini. 

Lebih lanjut dikatakan Eri jika sampai Senin besok anggaran itu belum masuk dan tidak bisa digunakan pemerintah kota untuk landasan pengajuan penambahan anggaran belanja dalam APBD 2018, maka kemungkinan akan ditinggal alias tidak dicantumkan dalam APBD 2018.

"Kalau Senin juga belum selesai ya kita tidak bisa melakukan perhitungan dan tidak bisa dimasukkan dalam PAK ini. Kalau kita nggak ngerti perencanaan dan RAB nya maka gimana pemerintah kota bisa membantu," ucap Eri. 

Rencananya besok sore pemerintah kota juga akan mengumpulkan seluruh sekolah swasta baik SD maupun SMP Untuk pengumpulan RAB tersebut.

Berdasarkan data pemerintah kota sekitar 60 persen sekolah SD dan SMP swasta sudah menyerahkan RAB kepada pemerintah kota. Sedangkan 40 persen lainnya masih belum menyerahkan.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved