Nilai Rupiah Masih Melemah, Ekonomi Indonesia Justru Masuk Daftar 10 Besar Dunia versi IMF

Meskipun nilai tukar rupiah melemah, perekonomian Indonesia masih masuk dalam daftar 10 besar negara dengan perekonomian subur.

Nilai Rupiah Masih Melemah, Ekonomi Indonesia Justru Masuk Daftar 10 Besar Dunia versi IMF
Tribunnews

SURYA.co.id - Terkait nilai tukar Rupiah terhadap Dollar yang telah mencapai angka 15.000, ekonomi Indonesia justru tumbuh subur.

Beberapa waktu lalu, kabar mengenai nilai tukar Rupiah terhadap Dollar sempat membuat masyarakat Indonesia heboh.

Bukan tanpa sebab, kehebohan masyarakat tersebut dikarenakan rasa takut mereka terhadap harga sejumlah barang kebutuhan, yang biasanya akan ikut naik jika Rupiah mencapai angka tersebut.

Namun, bukannya 'terganggu', ekonomi Indonesia masih baik-baik saja, bahkan dinilai tumbuh subur oleh situs statistictimes.com.

Produk Domestik Bruto (PDB) atau yang biasa dikenal denan istilah Gross Domestic Product (GDP) adalah nilai dan jasa akhir yang dihasilkan dari berbagai unti produksi di wilayah suatu negara dalam jangka waktu setahun.

Peringkat ini didasarkan pada proyeksi data statistik oleh International Monetary Fund (IMF) outlook April 2018 untuk tahun 2018 dan 2023.

Pada 2018, sepuluh negara teratas secara nominal adalah: Amerika Serikat, China, Jepang, Jerman, Inggris, Prancis, India, Italia, Brasil, dan Kanada.

Dalam istilah Purchasing Power Parity atau PPP (Keseimbangan kemampuan berbelanja, kadang-kadang juga disebut paritas daya beli), 10 negara teratas adalah: China, Amerika Serikat, India, Jepang, Jerman, Rusia, Indonesia, Brasil, Inggris, dan Prancis.

Dalam kedua metode, Amerika Serikat dan China menduduki dua tempat pertama.

Amerika Serikat adalah negara dengan tingkat ekonomi terkuat di dunia secara nominal, sedangkan China menempati urutan atas dalam skala PPP.

Halaman
123
Penulis: Akira Tandika
Editor: Adrianus Adhi
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help