Berita Gresik

3 Rumah di Gresik jadi Korban Ilalang Terbakar, Angin Kencang Picu Api Cepat Merambat

Kebakaran ilalang di lahan kosong merambat ke 3 unit rumah warga di Jl Simpang Bengawan Solo, Kebomas, Gresik.

3 Rumah di Gresik jadi Korban Ilalang Terbakar, Angin Kencang Picu Api Cepat Merambat
surya/sugiyono
TRBAKAR – Rumah warga di Jl Simpang Bengawan Solo Desa Randuagung Kecamatan Kebomas terbakar, Minggu (16/9/2018).  

SURYA.co.id | GRESIK – Kebakaran ilalang di lahan kosong merambat ke 3 unit rumah warga di Jl Simpang Bengawan Solo, Desa Randuagung Kecamatan Kebomas. Untungnya tidak sampai ludes terbakar sebab petugas pemadam kebakaran berhasil memadamkan kobaran api.

Kapolsek Kebomas Kompol Rony Edi Yusuf  mengatakan saat kejadian pemilik rumah sedang istirahat di dalam rumah. Sebab, awalnya diketahui yang terbakar adalah ilalang.

Namun, karena hembusan angin yang kencang dan panasnya terik matahari membuat api cepat merambat ke pemukiman warga. Sehingga, akibatnya, 3 buah rumah warga bagian belakang yang terbakar.

“Awalnya dari ilalang di lahan kosong yang terbakar, sehingga pemilik rumah tidak menyangka kalau api cepat merambat ke rumah warga,” kata Kapolsek Kebomas Kompol Rony Edi Yusuf didampingi Camat Kebomas Miftchul Huda, Minggu (16/9/2018).

Untungnya, warga ada yang bekerja di PT Petrokimia Gresik (PG), sehingga warga ada yang langsung meminta bantuan pemadam kebakaran dari PG dan Pemkab Gresik. Akhirnya api berhasil dipadamkan sebelum menghabiskan seluruh bangunan rumah.

Saat api belum membesar, warga ada yang membangunkan salah satu pemilik rumah yang sedang istirahat siang. Sehingga tidak sampai ada korban jiwa akibat kebakaran tersebut.

Warga yang kompak secara gotong royong dan ikut membantu mengeluarkan barang-barang yang berharga dari dalam rumah milik warga. Diantara, motor, kursi, dan kulkas.

“Tidak ada korban jiwa, namun akibat kebakaran itu belum bisa menaksirnya. Sebab, pemilik rumah masih berduka dan mengamankan barang-barangnya yang sisa terbakar,” imbuhnya.  

Rumah tersebut milik Empat orang pemilik rumah yaitu Dedy, Syafii dan Maskur.

“Anggota masih mendata nama-nama pemilik rumah yang terbakar, yaitu milik Dedy, Syafii dan Maskur,” imbuhnya.

Para pemilik rumah terlihat sedih dan hanya bisa melihat sisa bangunan rumah yang terbakar. Dan sesekali memindahkan barang-barang yang berhasil diselamatkan.

Tetangga yang masih berada dilokasi kebakaran mengatakan bahwa api berawal dari ilalang yang terbakar di belakang rumah. 

“Di belakang rumah ada lahan kosong yang terbakar. Warga mengira api tidak sampai merambat ke rumah, sebab kebakaran ilalang terjadi setiap tahun dimusim kemarau,” kata Sholikhin, warga sekitar yang melihat kebakaran tersebut. 
 

Penulis: Sugiyono
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved