Berita Kediri

Cara Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar Cegah Banjir di Sungai Brantas Jelang Musim Hujan

Kota Kediri mendapatkan hadiah dari Tuhan yaitu berupa Sungai Brantas yang membelah Kota Kediri dan sekitarnya menjadi dua.

Cara Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar Cegah Banjir di Sungai Brantas Jelang Musim Hujan
Surya/Didik Mashudi
Kegiatan bersih-bersih Sungai Brantas yang diikuti ratusan peserta di kawasan Taman Brantas, Kota Kediri, Sabtu (15/9/2018). 

SURYA.co.id | KEDIRI - Ratusan warga Kota Kediri gotong royong membersihkan Sungai Brantas. Kegiatan ini dilakukan Pemkot Kediri bersama organisasi, komunitas, pelajar, mahasiswa dan media partner, Sabtu (15/9/2018).

Bersih-bersih Sungai Brantas ini untuk mencegah terjadinya bencana banjir saat musim hujan. Kegiatan ini dilakukan dengan membersihkan rerimbunan eceng gondok yang semakin banyak di pinggiran sungai.

Selain itu juga membersihkan batang-batang pohon dan bambu yang banyak tersangkut dibawah Jembatan Lama dan Jembatan Brawijaya serta sekitar Taman Brantas.

Kegiatan bersih-bersih Sungai Brantas ini juga diikuti Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar. Malahan Walikota sempat berkeliling naik perahu di sekitar jembatan.

Diungkapkan Wali Kota Kediri, Sungai Brantas bukan milik pemerintah saja, namun milik seluruh masyarakat Kota Kediri.

Kota Kediri mendapatkan hadiah dari Tuhan yaitu berupa Sungai Brantas yang membelah Kota Kediri dan sekitarnya menjadi dua dan hal ini hanya ada di Kota Kediri.

Karena banyak daerah yang dilalui oleh Sungai Brantas, namun tidak strategis seperti Kota Kediri. Sungai ini juga merupakan sumber penghidupan untuk masyarakat Kota Kediri sejak zaman dahulu.

“Dulu sungai ini tidak pernah dilihat oleh orang-orang dan sekarang dengan adanya taman disini bisa menjadi open space publik atau ruang terbuka hijau yang bisa dinikmati kita semua dan sangat indah sekali," ungkapnya.

Saat ini setiap pagi sudah banyak yang jalan-jalan disini baik anak-anak maupun orang dewasa. Sore hari banyak anak -anak yang bermain dan mudah-mudahan pembangunan Taman Brantas bisa berlanjut hingga ke sebelah utara sehingga dapat dimanfaatkan untuk berkumpul atau belajar bersama.

Bersih -bersih Sungai Brantas pernah dilakukan dua tahun lalu bersama para pelajar. Kegiatan itu membersihkan sampah plastik dan botol-botol yang banyak berserakan. Diharapkan kegiatan ini memberikan edukasi kepada warga untuk tidak membuang sampah sembarangan di sungai.

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Fatkhul Alami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help