Berita Surabaya

Busana Wayang Kulit Melia Wijaya, Angkat Seni Budaya Jawa

busana bertema wayang kulit ini terinspirasi dari seni budaya tradisional Indonesia yang sudah diakui oleh UNESCO

Busana Wayang Kulit Melia Wijaya, Angkat Seni Budaya Jawa
surya/ahmad zaimul haq
Model memeragakan busana bertema Wayang Kulit karya desainer dari Surabaya, Melia Wijaya dalam sesi foto dipanggung pertunjukan Wayang Orang Pringgondani yang berada di kompleks Taman Hiburan Rakyat (THR), Kamis (13/9). Baju dengan elemen Wayag Kulit nantinya akan dibawa tampil diajang fashion internasional Paris Fashion Week 2018 pada akhir bulan ini. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Perpaduan fashion kekinian dengan simbol seni budaya tradisional menjadi busana yang menarik dan eksotis. Ini yang coba ditampilkan desainer Melia Wijaya, dengan mengangkat fashion bertema wayang kulit.

Desainer ternama dari Surabaya ini menuturkan, busana bertema wayang kulit ini terinspirasi dari seni budaya tradisional Indonesia yang sudah diakui oleh UNESCO. Seni budaya ini juga jadi bagian budaya Jawa, terutama di Jatim dan Jateng.

“Corak wayang kulit yang saya ambil adalah khas budaya di Surabaya,” tuturnya, Kamis (13/9/2018).

Dalam paduan wayang kulit ini, dia tertarik mengambil tokoh wayang dari kisah Mahabarata. Ada empat tokoh atau ikon dari kisah Mahabarata yang dijadikan motif pada busananya, yakni Arjuna, Nakula, Sadewa dan bentuk gunungan.

Ikon-ikon ini memang sering ditampilkan dalam pertunjukkan wayang kulit.

“Saya ambil siluet dari ikon wayang ini, lalu saya print dan bordir pada busana. Lalu ini saya quilting agar tampak bervolume/siluet menjadi hidup,” paparnya.

Mengandalkan empat busana, Melia menggunakan jenis kain taffeta dan Thai silk. Adapun kain taffeta adalah sejenis kain yang ditenun dari sutra atau serat sintesis yang halus.

Kain jenis ini sering dianggap kain mewah karena cocok digunakan untuk gaun pesta dan pernikahan.

Serat benang taffeta jauh lebih kaku dibandingkan organdi. Sedangkan Thai silk adalah kain yang ringan, namun tebal dan pada busananya ini dipakai untuk celana.

“Jenis kain ini juga lebih lembut dan warnanya tampak lebih menawan,” katanya.

Halaman
123
Penulis: Sudharma Adi
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved