Berita Tuban

Bawaslu Tuban Sebut Perubahan DPT Masih Mungkin Terjadi hingga Jelang Pilpres dan Pileg 2019

bukan tidak mungkin perbaikan DPT akan berlangsung hingga masa menjelang pemungutan dan penghitungan suara

Bawaslu Tuban Sebut Perubahan DPT Masih Mungkin Terjadi hingga Jelang Pilpres dan Pileg 2019
surya/m sudarsono
Ketua Bawaslu Tuban, Sulamul Hadi saat memberikan keterangan terkait DPT ganda kepada sejumlah wartawan atau bisa pakai ilustrasi DPT Pemilu 

SURYA.co.id | TUBAN - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tuban telah menggelar pleno Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPT-HP) bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, Kamis kemarin. Hasilnya, ditemukan DPT ganda sebanyak 344 pemilih. Namun setelah dicek dan diteliti, 171 dinyatakan sah masuk DPT, sedangkan 173 dihapus.

Dengan demikian, jumlah DPT pemilu 2019 berdasarkan DPT-HP yaitu 934.271 pemilih, sebelumnya 934.444 pemilih, karena dikurangi 173.

"DPT-HP sudah ditetapkan, namun proses DPT akan berlangsung hingga jelang pilpres dan pileg," kata Ketua Bawaslu Tuban, Sulamul Hadi kepada wartawan, Jumat (14/9/2018).

Lebih lanjut dia menjelaskan, perkiraan DPT tambahan dimungkinkan akan dilakukan Desember mendatang.

Bahkan, bukan tidak mungkin perbaikan DPT akan berlangsung hingga masa menjelang pemungutan dan penghitungan suara, yang berdasarkan jadwal KPU akan dilakukan 8 April 2019-17 April 2019.

"Ya dimungkinkan perbaikan DPT akan terus dilakukan, biasanya demikian. Sebab, ada yang baru punya hak pilih saat usianya sudah cukup jelang pencoblosan," pungkasnya.

Penulis: M. Sudarsono
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved