Berita Surabaya

5 Tips Aman Pilih Biro Perjalanan agar Tak Terkena Penipuan Agen Travel

maraknya penipuan yang dilakukan oleh oknum agentravel membuat kepercayaan masyarakat terhadap agen biro perjalanan menurun.

5 Tips Aman Pilih Biro Perjalanan agar Tak Terkena Penipuan Agen Travel
SURYA.co.id/Zainuddin
Ilustrasi agen travel fiktif. Bukti perjanjian antara mahasiswa PENS dengan tersangka penipuan agen travel. 

SURYA.co.id | SURABAYA – Travelling bersama teman, keluarga maupun pasangan, akan lebih terjamin jika ditemani oleh agen biro perjalanan. Namun, maraknya penipuan yang dilakukan oleh oknum agentravel membuat kepercayaan masyarakat terhadap agen biro perjalanan menurun.

Bagoes Kukuh Prakoso, pemilik biro perjalanan Fix Holiday tak menampik hal tersebut. Ia sendiri sempat diragukan oleh calon klien karena bironya masih baru.

“Sempat sampai diminta KTP-nya, didatangi ke lokasi kantor. Tetapi ya bagaimana lagi, memang banyak penipuan yang mengatasnamakan travel agent maupun biro perjalanan,” katanya.

Ia memberikan beberapa tips untuk menghindari penipuan biro perjalanan.

1. Lihat lokasi kantor
Tak salah memastikan kejelasan biro perjalanan hingga mendatangi lokasi kantornya. Menurut Bagoes, biro perjalanan yang bisa dipercaya akan memiliki kantor maupun basecamp.

“Minimal kantor ada. Tidak harus mewah, tetapi pokoknya ketika di cek di lokasi, tidak zonk. Sekarang banyak agen yang menyebut lokasi kantor, tetapi ketika di cek alamatnya ternyata tidak ada. Setidaknya agen yang terpercaya bisa menunjukkan keberadaannya. Itu syarat minimal,” ujarnya.

2. Cek website dan media sosial
Untuk semakin meyakinkan ada tidaknya sebuah biro perjalanan, bisa dilakukan dengan melihat website dan media sosial yang dicantumkan.

Selain menjauhkan diri dari kemungkinan penipuan, mengecek website dan media sosial bisa memberi tahu ke mana saja biro tersebut pernah membawa kliennya.

“Bisa sebagai referensi mereka sudah pernah bawa klien ke mana saja. Lalu terkadang di website atau media sosial itu ada testimoni klien, itu semakin menguatkan lagi. Cek juga kontak yang dicantumkan. Karena jika hanya melihat dari segi banyaknya ‘like’ atau followers, itu semua bisa dibeli,” ungkapnya.

3. Bandingkan harga dengan biro perjalanan lain
Jika eksistensi dan bukti pelayanan sudah jelas, hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah membandingkan harga dengan biro perjalanan lain.

Halaman
12
Penulis: Delya Octovie
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved