Rumah Politik Jatim

Media Harus Ikut Bertanggungjawab Edukasi Generasi Milineal Berpolitik

Sukowidodo mengatakan media mainstream memiliki tanggung jawab mengedukasi generasi milineal di sela launching 'Rumah Politik Jatim'.

Media Harus Ikut Bertanggungjawab Edukasi Generasi Milineal Berpolitik
SURYA.co.id/Mujib Anwar
Para pembicara dalam launching 'Rumah Politik Jatim' yang digagas TribunJatim Network di Hotel Santika, Surabaya, Rabu (12/9/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA –Saat menjadi pembicara di sela launching 'Rumah Politik Jatim', Pakar Komunikasi dari Universitas Airlangga, Surabaya Sukowidodo mengatakan media mainstream memiliki tanggung jawab mengedukasi generasi milineal.

Menurutnya, pola komunikasi saat ini sudah berubah dibandingkan dahulu. "Ada pola komunikasi yang saat ini penyelesaiannya tidak bisa diselesaikan dengan simbol," terang Sukowidodo saat menjadi pembicara di launching ‘Rumah Politik Jatim’ yang digagas oleh TribunJatim Network di Hotel Santika, Surabaya, Rabu (12/9/2019). 

Baca: Pakar Komunikasi Unair, Sukowidodo : Politisi Harus Update Berita Politik di TribunJatim Network

Menurut Sukowidodo, hal tersebut karena anak-anak muda saat ini mudah dan sering mengakses informasi menggunakan gadget.

Sukowidodo mengatakan menjelang Pileg dan Pilpres 2019 ini, anak-anak milineal perlu diberikan edukasi. Maka dari itu, media pun ikut bertanggungjawab mengedukasi agar politik tidak dianggap selamanya kotor. 

"Politik saat ini masih dianggap sebagai sesuatu yang kotor, saya kita fungsi media juga sebahai edukasi, Jika tidak ada yang bertangung jawab, TPS (Tempat Pemungutan Suara) hanya akan menjadi tempat selfie bagi anak muda," katanya. 

Baca: Pakde Karwo Akan Buka-bukaan soal Sikapnya di Pilpres 2019 Saat Launching Rumah Politik Jatim

Tak hanya di situ, kata Sukowidodo, anak muda saat ini sangat butuh verifikasi. Mereka akan mencari verifikasi dengan cara mereka sendiri, yaitu mengonfrontasi dua masalah dan mencari titik temunya.

"TribunJatim Network harus menjadi titik pertemuan dari pencarian verifikasi dari anak milineal, dan tentu saja media harus akurat," jelas Sukowidodo. 

Baca: Mahasiswa dan Kader Parpol Bedatangan di Acara Launching ‘Rumah Politik Jatim’ di Hotel Santika

Selain itu, ia menambahkan, generasi milineal juga tidak lagi percaya terhadap kampanye-kampanye para calon legislatif maupun kepala daerah yang hanya menawarkan retorika saja. 

Tentunya, generasi milineal membutuhkan bukti dan apa yang mereka butuhkan. 

"Makanya saat ini politisi tidak bisa lagi kampanye dengan teori, tapi juga harus ada bukti, Yang dibutuhkan anak muda adalah apa yang mereka butuhkan,” katanya.

“Ini saya kira menjadi penting, dan partisipasi menjadi sangat penting. Anak Muda butuh perubahan," pungkasnya. (Aqwamit Torik)

Editor: Iksan Fauzi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved