Jelang Pileg 2019

Jumlah Caleg Muda Demokrat DPRD Jatim Naik Dua Kali Lipat, Termotivasi Dua Sosok ini

Jumlah bakal calon legislatif (bacaleg) untuk DPRD Jatim di Partai Demokrat naik dua kali lipat.

Jumlah Caleg Muda Demokrat DPRD Jatim Naik Dua Kali Lipat, Termotivasi Dua Sosok ini
surya/fatimatuz zahroh
Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersama Emil Elestianto Dardak Cawagub Jatim diarak dari Ringin Contong dalam Pawai Budaya menuju Alun Alun Jombang, Minggu (1/4/2018). 

SURYA.co.id, SURABAYA – Jumlah bakal calon legislatif (bacaleg) untuk DPRD Jatim di Partai Demokrat naik dua kali lipat. Dari 120 bacaleg yang didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim, 40 persen di antaranya caleg muda.

 ”Jumlah tersebut naik dua kali lipat dibandingkan dengan pemilu 2014 lalu,” kata Wakil Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Demokrat Jatim, Bayu Airlangga kepada Surya.co.id (Tribunnews Network) ketika ditemui di Surabaya, Selasa (11/9/2018).

Bayu menyebut beberapa alasan banyaknya bacaleg muda tertarik bergabung di partai dipimpin Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Di antaranya, banyaknya politisi muda yang dipopulerkan oleh partai berlambang bintang mercy ini.

Misalnya, Wakil Gubernur Jatim terpilih, Emil Elestianto Dardak. Bersama Gubernur terpilih, Khofifah Indar Parawansa, Emil memang sukses memenangkan pilkada serentak lalu setelah diusung Partai Demokrat bersama lima partai lainnya.

Kemudian ada pula sosok Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang tak lain adalah Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) DPP Partai Demokrat.

AHY yang juga putra sulung SBY ini juga aktif turun di Jatim, baik saat persiapan Pilkada maupun jelang pencapresan mendatang.

 ”Jadi, magnetnya berasal dari sana (AHY dan Emil Dardak). Ada image bahwa Demokrat menjadi wadah pas bagi anak muda untuk menyampaikan gagasan politiknya,” kata pria yang juga menantu Ketua DPD Demokrat Jatim sekaligus Gubernur Jatim, Soekarwo ini.

Bayu menambahkan, bahwa tak asal mencalonkan, Demokrat juga akan membekali para bacaleg muda. Bukan hanya terkait strategi pemenangan, namun juga pemahaman terhadap tugas dan fungsi kader di parlemen.

”Tugas memberikan pemahaman ke kader muda, sebelumnya menjadi kewajiban Muda-Mudi Demokrat (MMD) Jatim,” kata Bayu yang juga Ketua MMD Jatim ini.

Rencananya, pasca penetapan Daftar Caleg Tetap (DCT) pada 23 September 2018, Demokrat Jatim akan memberikan bimbingan teknis (bimtek) kepada kader muda.

Bimtek tersebut akan dihadiri oleh jajaran DPP Demokrat, di antaranya Ketua Departemen Kaderisasi DPP Partai Demokrat, Edi Baskoro Yudhoyono.  

Ibas, sapaan Edi, yang merupakan putra bungsu SBY diharapkan dapat memberikan motivasi di bidang legislatif.

”Mas Ibas adalah anggota DPR RI tiga periode, Ketua Fraksi, pernah menjadi Sekjen. Sehingga, dengan pengalaman itu kami harapkan bisa menjadi inspirasi kader muda Demokrat,” kata Bayu yang juga bacaleg DPRD Jatim

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved