Berita Jember

Polisi Telusuri Aliran Uang Dugaan Pungli Penilik PAUD Jember yang Kena OTT

Kepolisian dan tim internal Dindik Jember melacak aliran uang dari dua orang penilik PAUD yang ditangkap tim Saber Pungli

Polisi Telusuri Aliran Uang Dugaan Pungli Penilik PAUD Jember yang Kena OTT
surya/sri wahyunik
Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo dan Kajari Jember Ponco Hartanto menunjukkan BB OTT penilik PAUD 

SURYA.co.id | JEMBER - Kepolisian dan tim internal Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Jember melacak aliran uang dari dua orang penilik PAUD yang sebelumnya ditangkap tim Satgas Saber Pungli. Sekretaris Dindik Jember M Ghozali menegaskan, saat ini pihaknya bersama Satreskrim Polres Jember melacak aliran uang itu.

"Apakah hanya berhenti di Pak Suwidi dan Pak Abdur Rohim atau ada aliran dana ke oknum lain, kami measih melacak itu," ujar Ghozali kepada Surya, Senin (10/9/2018).

Beberapa pihak yang bakal dimintai keterangan antara lain pihak di Bidang TK/PAUD, juga penilik PAUD di Jember. Jumlah total penilik PAUD di Jember - termasuk dua orang yang terkena OTT - sebanyak 37 orang.

"Masih dikembangkan terus. Kami juga berkoordinasi dengan Inspektorat," kata Ghozali.

Inspektorat Pemkab Jember nantinya yang bakal memutuskan berat dan tidaknya pelanggaran yang dilakukan oleh penilik Abdur Rohim dan Suwidi. Keduanya diketahui terjaring OTT tim Satgas Saber Pungli, Kamis (6/9/2018) lalu di sebuah warung makan di Kecamatan Sukowono.

Keduanya tertangkap tangan meminta komisi atas cairnya bantuan dana Layanan Khusus dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kepada dua lembaga PAUD di Jember.

Dari pihak dua lembaga itu, Suwidi dan Rohim menerima Rp 7,2 juta. Uang itu dibagi untuk Suwidi, Rohim, dan seorang di Dindik Jember sebesar Rp 3 juta.

Saat konferensi pers pada Jumat (7/9/2018), polisi belum menemukan siapa petugas Dindik yang disebut oleh dua orang tersangka itu.

Sementara itu, terkait sanksi apa yang akan dikenakan kepada Suwidi dan Abdur Rohim, kata Ghozali, pihaknya menunggu keputusan Inspektorat.

"Namun sejak dulu Ibu Bupati Faida sudah secara tegas mengintruksikan bagi mereka yang tertangkap Pungli paling tidak harus diberhentikan dari jabatannya," tegas Ghozali

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved