Berita Surabaya

Kenalkan Kampus ke Maba, Universitas Muhammadiyah Surabaya Pakai 2.232 Kacamata VR

Universitas Muhammadiyah Surabaya mengajak maba melihat dan berkeliling kampus secara virtual menggunakan kaca mata virtual reality (VR).

Kenalkan Kampus ke Maba, Universitas Muhammadiyah Surabaya Pakai 2.232 Kacamata VR
surabaya.tribunnews.com/sulvi sofiana
Mahasiswa baru UM Surabaya saat menggunakan kacamata Virtual Reality untuk mengenali kampus dalam pembukaan pengenalan kampus, Senin (10/9/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya mengajak mahasiswa baru melihat dan berkeliling kampus secara virtual dengan menggunakan kaca mata virtual reality (VR).

Sebanyak 2.232 mahasiswa baru menggunakan kaca mata VR secara serempak.

A Aziz Alimul Hidayat,Wakil Rektor UM Surabaya mengklaim pengenalan kampus dengan cara seperti ini secara serentak merupakan pertama kalinya di Indonesia. Hal ini sebagai upaya pengenalan teknologi sejak dini pada mahasiswa.

"Seluruh mahasiswa baru diajak untuk merayakan revolusi industri 4.0 dengan berbagai macam kegiatan yang kreatif, diantaranya adalah penggunaan kaca mata VR secara massal, koreo tokoh bangsa (Ahmad Dahlan dan Soekarno), Jazz Pagi, hingga kampanye kurangi sampah plastik,"ungkapnya dalam agenda Mastama, Ordik dan Expo UKM (MOX) 2018 di halaman kampus, Senin (10/9/2018).

Pengenalan teknologi VR ini diharapkan mahasiswa baru mampu menjadi bagian dari revolusi Industri 4.0. Selain itu juga, yang tidak kalah pentingnya adalah kampanye kurangi sampah plastik sejak awal mereka menjadi mahasiswa.

"Ke depan Virtual Reality ini akan kami kembangkan lebih luas, karena mahasiswa sudah memiliki VR ini maka akan lebih mudah saat kami mengujikan dalam pembelajaran,"lanjutnya.

Rencananya, VR ini akan dikembangkan sebagai media pembelajaran di laboratorium praktikum jurusan Kedokteran. Jika berhasil maka akan diterapkan di berbagai fakultas lainnya.

Saat ini penggunaan VR dilakukan sebagai pengenalan lingkungan dan gedung kampus. Serta ruang technopreneur yang sudah dirancang dengan pajangan karya mahasiswa. Semua lokasi kampus bisa diakses mahasiswa melalui pemakaian VR saat pembukaan MOX 2019 di halaman kampus.

Firda Ramadanti (20), mahasiswa baru jurusan pendidikan Agama Islam. Mengaku cukup tidak mengetahui perkembangan teknologi. Hingga ia mendapat instruksi untuk membaca kaca mata VR untuk pembukaan MOX 2018.

"Ini pertama kali tahu, jadi langsung browsing dan saya sudah beli. Jadi ngerti teknologi meskipun jurusan saya pendidikan Agama Islam,"kesannya.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help