Berita Blitar

Ada Sorot Lampu Mobil, 3 Pencuri Kayu Semburat Masuk Hutan karena lebih Paham Medan

"Kayu itu diambil dari lima pohon dan malam itu akan dikeluarkan. Sebab, sisanya ditemukan di TKP," ujar Sarman, Wakil Adm Perhutani.

Ada Sorot Lampu Mobil, 3 Pencuri Kayu Semburat Masuk Hutan karena lebih Paham Medan
surya/imam taufiq
Petugas mengamankan kayu gelondongan dan sepeda motor yang diduga untuk mengangkut kayu curian. 

SURYA.co.id | BLITAR - Gelapnya malam di tengah hutan dan sulitnya medan, membuat para polisi hutan (Polhut) selalu gagal menangkap para pencuri kayu.

Ditambahkan, jika terlalu berani juga risikonya, sangat membahayakan seperti  dialami satu dari tiga polhut dibacok pencuri karena tak paham medan pada malam hari.

Tak pelak, setiap kali berpatroli ke tengah hutan malam hari, para polhut dibuat kucing-kucingan dengan para pencuri. Berkali-kali, polhut hanya mendapatkan kayu curian, sementara pelakunya kabur.

Seperti yang terjadi pada penangkapan di hutan Jati Ringinrejo, BKPH Kesamben, tepatnya petak 74 atau masuk Desa Ringinrejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar, Minggu (9/9/2018).

Tiga gelondong kayu jati berserta sepeda motor yang dipakai memboncengnya diamankan. Sedang tiga pelaku kabur dengan meninggalkan motornya. Namun, saat dikejar, petugas kehilangan jejak. 

"Kayu itu diambil dari lima pohon dan malam itu akan dikeluarkan. Sebab, sisanya ditemukan di TKP," ujar Sarman, Wakil Adm Perhutani, Senin (10/9/2018).

Menurutnya, penangkapan itu berawal dari lima petugas Polhut melakukan patroli, dengan mengendarai mobil Kijang pik up.

Sasarannya, memang petugas bergerak ke hutan itu karena sudah lama tak dipatroli. Hutan itu adalah hutan Jati yang luasnya sekitar 48 hektare (Ha).

Tepat pukul 22.20 WIB, mobil patroli itu masuk ke dalam hutan, dengan melewati perkampungan Desa Ringinrejo. Baru meninggalkan perkampungan terdekat sekitar 20 menit, petugas kaget karena di depan, ada orang membonceng kayu dan melaju ke arahnya.

Belum sempat berhenti untuk berusaha menangkapnya, ketiga pelaku itu langsung merobohkan  motornya dan kabur dengan kembali ke dalam hutan.

Halaman
12
Penulis: Imam Taufiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved