Berita Blitar

Ada Isu Wawali Kota Blitar akan Dijabat Putra Samanhudi Anwar, Ratusan Orang Demo Tuntut Hal Ini

ada isu kalau jabatan Wakil Wali Kota Blitar akan diisi oleh Hendry Pradipta Anwar, putra Samanhudi Anwar.

Ada Isu Wawali Kota Blitar akan Dijabat Putra Samanhudi Anwar, Ratusan Orang Demo Tuntut Hal Ini
surya/samsul hadi
Para peserta aksi melakukan orasi sambil membakar boneka koruptor di depan kantor Wali Kota Blitar, Senin (10/9/2018). 

SURYA.co.id | BLITAR - Sekitar 300 orang yang tergabung dalam Komite Rakyat Pemberantasan Korupsi (KRPK) menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor Wali Kota Blitar, Senin (10/9/2018). Dalam aksi itu, KRPK meminta pejabat Pemkot Blitar berkomitmen ikut memberantas korupsi di Kota Blitar.

Sebelum berangkat ke kantor Wali Kota Blitar, para peserta aksi berkumpul di depan Taman Makam Pahlawan (TMP) di Jl Sudanco Supriyadi. Selanjutnya, para peserta aksi berjalan kaki menuju kantor Wali Kota Blitar.

Para peserta aksi membawa poster dan bendera.  Para peserta aksi juga membawa boneka manusia yang bertuliskan koruptor. Boneka itu kemudian dibakar di depan kantor Wali Kota Blitar. Pembakaran boneka koruptor sebagai simbol tidak ada lagi kasus korupsi di Kota Blitar.

"Kami minta Pemkot Blitar berkomitmen tidak mengulangi korupsi lagi. Biarlah hanya satu kasus saja (Wali Kota Blitar nonaktif Samanhudi Anwar). Ini karena kami sayang Kota Blitar," kata Koordinator aksi, M Triyanto.

Triyanto menganggap ada proyek lain yang pengerjaannya tidak transparan. Maka itu, dia meminta pejabat Pemkot Blitar untuk menandatangani pakta integritas bebas korupsi.

Para pejabat di Pemkot Blitar harus sanggup tidak terlibat dalam korupsi.

Selain itu, Triyanto juga meminta para pejabat Pemkot Blitar dan wakil rakyat jangan mau diintervensi oleh pejabat yang sudah ditahan.

Menurut Triyanto, pejabat yang ditahan masih ikut campur mengendalikan pemerintahan.

Dikatakannya, ada indikasi pengaturan pengisian jabatan Wakil Wali Kota Blitar. Ketika Wakil Wali Kota Blitar, Santoso diangkat menjadi Wali Kota Blitar menggantikan posisi M Samanhudi Anwar, berarti posisi wakil wali kota kosong.

Menurutnya, ada isu kalau jabatan Wakil Wali Kota Blitar akan diisi oleh Hendry Pradipta Anwar, putra Samanhudi Anwar.

"Kalau wali kotanya Sanstoso, maka wakilnya putra mahkota. Kami minta pejabat Pemkot dan para politisi agar menolak bila diintervensi oleh penguasa yang sekarang ditahan," ujar Triyanto.

Para peserta aksi ditemui oleh Plh Sekretaris Daerah Kota Blitar, Suharsono. Suharsono diminta untuk menandatangani pakta integritas oleh para peserta aksi.

Suharsono menandatangi pakta integritas di depan peserta aksi.

"Kami berterimakasih kepada para peserta aksi. Aksi ini merupakan bentuk dukungan untuk Pemkot Blitar agar bersih dari korupsi. Aspirasi dari peserta aksi kami tampung untuk kami rapatkan dengan OPD," kata Suharsono.

Penulis: Samsul Hadi
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved