Berita Kediri

Ribuan Pecinta Sepeda Onthel Pawai Keliling Kota Kediri

3.000 pecinta sepeda onthel kuno ambil bagian memeriahkan Bareng-Bareng Naik Sepeda Onthel Nasional 2018

Ribuan Pecinta Sepeda Onthel Pawai Keliling Kota Kediri
surya/didik mashudi
Peserta Bareng-Bareng Naik Sepeda Onthel Nasional 2018 yang diberangkatkan dari GOR Jayabaya, Kota Kediri, Minggu (9/9/2018). 

SURYA.co.id | KEDIRI - Sekitar 3.000 pecinta sepeda onthel kuno ambil bagian memeriahkan Bareng-Bareng Naik Sepeda Onthel Nasional 2018 yang diberangkatkan dari GOR Jayabaya, Kota Kediri, Minggu (9/9/2018).

Di antara peserta onthelis sepeda kuno ini kalangan pejabat. Peserta dilepas Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar menyusuri rute dalam kota sepanjang 17 KM.

Pawai sepeda kuno ini tidak hanya mengendarai sepeda onthel lama. Karena mayoritas peserta juga banyak yang mengenakan kostum zaman dahulu. Ada yang pakai blangkon, baju beskap dan pakaian model 1945.

Panitia kegiatan, Muji Harjito, mengatakan peserta tidak hanya dari Kediri tapi juga dari daerah lain. Di antaranya komunitas sepeda tua dari Bandung, Tegal, Gresik, Surabaya, Malang, Blitar, Jombang, Nganjuk, Tulungagung, Ngawi, Magetan, Madiun, Sidoarjo dan Mojokerto.

"Total peserta sekitar 3.000 orang," kata Muji.

Sementara Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengungkapkan, ngonthel bareng sangat baik untuk kampanye gemar bersepeda kepada masyarakat.

“Terima kasih kepada semua yang ikut dalam kegiatan ini karena dapat mengedukasi masyarakat untuk gemar bersepeda," imbuh Mas Abu.

Apalagi saat ini semakin banyak perkumpulan komunitas sepeda. Pemkot Kediri telah memfasilitasi dengan membuat jalur sepeda di jalan raya.

"Alhamdulillah di Kota Kediri semakin banyak komunitas sepeda. Kita juga buatkan jalur sepeda meski masih belum banyak," ungkapnya.

Wali kota juga berpesan agar sepeda onthel yang dimiliki jangan dijual ke luar negeri. Karena saat ini banyak orang luar negeri yang mulai mencari koleksi sepeda onthel tua di Indonesia.

Penulis: Didik Mashudi
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved