Berita Kediri

Dua Pelajar SMAN 1 Kota Kediri Ubah Daun Kering Jadi Bahan Panel Surya

Dua pelajar SMA di Kediri berhasil mengubah daun kering menjadi bahan panel surya yang ramah lingkungan. Begini prosesnya.

Dua Pelajar SMAN 1 Kota Kediri Ubah Daun Kering Jadi Bahan Panel Surya
surabaya.tribunnews.com/didik mashudi
Dua pelajar SMAN 1 Kota Kediri, Ahmad Aulia Zakiyal Fikri dan Irbah Mubarak Dzakwan menunjukkan bahan panel surya yang mereka olah dari limbah daun kering. 

SURYA.co.id | KEDIRI - Hasil karya inovasi dua pelajar SMAN 1 Kota Kediri, Ahmad Aulia Zakiyal Fikri dan Irbah Mubarak Dzakwan patut diacungi jempol.

Kedua pelajar ini mengolah limbah daun kering menjadi bahan panel surya.

Hasil karyanya dipajang di arena Kediri Creative Exhibition yang juga memamerkan UMKM unggulan Kota Kediri.

Panas Dadaku, begitulah Ahmad Aulia Zakiyal Fikri dan Irbah Mubarak Dzakwan memberi nama panel surya hasil karya inovasinya.

Panas Dadaku merupakan singkatan dari panel surya dari daun kering.

Menurut Ahmad Aulia, proses pembuatan panel surya ini juga terbilang sangat sederhana sehingga dapat dilakukan semua orang. Biayanya juga sangat ekonomis.

Langkah awal mengumpulkan daun kering lalu dihaluskan dengan blender. Kemudian serbuk daun dipirolisis atau dibakar tanpa menggunakan oksigen. Upaya itu dilakukan dengan mengoven pada suhu 240 - 300 derajat celcius selama 60 menit sehingga menghasilkan karbon aktif.

Selanjutnya mencampur dengan larutan TiO2 (titanium dioksida) dengan mencampur 200 gram serbuk TiO2 dan 300 gram aquades serta diaduk menggunakan magnetic stirrer.

Menyiapkan larutan TiO2 dan karbon aktif yang merupakan lem yang dapat menghantarkan listrik.

Pencampuran dilakukan dengan diaduk secara konstan selama 15 menit. Kemudian didiamkan semalam sampai membentuk endapan.

Halaman
12
Penulis: Didik Mashudi
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved