Berita kediri

Wali Kota Kediri: Generasi Milenial Harus Tahu Tentang Keris

"Keris ini senjata asli Indonesia jangan sampai diklaim oleh negara lain. Untuk itu kita harus menjaga agar tidak diambil oleh negara lain"

Wali Kota Kediri: Generasi Milenial Harus Tahu Tentang Keris
SURYA.co.id/Didik Mashudi
Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar melihat koleksi keris yang dipamerkan di Pusat Kuliner Titik Nol, Kota Kediri, Sabtu (8/9/2018). 

SURYA.co.id | KEDIRI - Kediri Creative Exhibition selain memajang produk UMKM Kota Kediri juga pameran Gugat Keris Jenggala 2. Sejumlah keris yang dibuat pada masa kerajaan dipajang di stan pameran, Sabtu (8/9/2018).

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar memberikan apresiasi pameran Gugat Keris Jenggala 2 yang memamerkan sekitar 200 keris mulai dari abad ke 8 hingga abad 19.

Selain pameran keris, panitia juga memberikan edukasi kepada siswa SMP di Kota Kediri mengenai budaya keris. Juga dilakukan lelang keris untuk membantu korban gempa bumi Lombok.

Walikota yang akrab disapa Mas Abu itu mengharapkan pameran keris untuk nguri-nguri kebudayaan. Karena generasi milenial harus mendapatkan edukasi tentang keris sebagai salah satu warisan budaya non bendawi yang telah ditetapkan oleh Unesco.

"Pameran ini diharapkan masyarakat bisa tahu bahwa keris sebuah mahakarya yang dalam pembuatannya memiliki filosofi dan harapan. Jadi tidak lagi dipandang mistis seperti yang ada di masyarakat," ungkapnya.

Sehingga keris terus dijaga dan dicintai agar tidak diambil oleh negara lain.

"Keris ini senjata asli Indonesia jangan sampai diklaim oleh negara lain. Untuk itu kita harus menjaga agar tidak diambil oleh negara lain," harapnya.

Diungkapkan, keris merupakan budaya seni yang sangat indah. Selain itu memiliki makna dan nilai filosofinya.
Sementara pameran produk UMKM selain dari Kediri juga hadir produk unggulan dari Nganjuk, Blitar, Tulungagung, Malang dan Jogjakarta.

Mas Abu menyebutkan, UMKM di Kota Kediri begitu hidup. Saat ini dominasi UMKM sesuai data statistik sangat tinggi sekali.

"Ini menjadi napas baru bagi Pemkot Kediri untuk menggerakkan roda ekonomi," ungkapnya.

Diharapkan melalui pameran pelaku UMKM dapat saling berbagi untuk memajukan usahanya.

"Pameran ini akan mengasah daya saing dan kreativitasnya, terutama dalam perbaikan packagingnya," ujarnya.

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved