Berita Surabaya

Empat Tahun Jadi Negeri, Alumnus Tiga UPN Bentuk Ikatan Alumni UPN Indonesia

Terbentuknya Ikatan Alumni UPN Veteran Indonesia ini akan mampu meningkatkan kebersamaan, sinergi, serta menjawab tantangan saat ini

Empat Tahun Jadi Negeri, Alumnus Tiga UPN Bentuk Ikatan Alumni UPN Indonesia
SURYA.co.id/Sulvi Sofiana
Para alumnus perwakilan tiga UPN di Indonesia saat hadir dalam Musyawarah Nasional pertama Ikatan Alumni UPN Veteran Indonesia di gedung pasca sarjana UPN Veteran Jatim, Sabtu (8/9/2018) 

SURYA.co.id | SURABAYA - Empat tahun lalu sejumlah Perguruan Tinggi Swasta beralih status menjadi Perguruan Tinggi Negeri, beberapa di antaranya yaitu tiga Universitas Pembangunan Nasional (UPN).

Yaitu UPN Veteran Jakarta, UPN Veteran Yogyakarta dan UPN Veteran Jatim. Untuk memperkuat jaringannya, alumnus ketiga UPN ini membentuk Ikatan Alumni UPN Indonesia.

Budi Setiawan, Ketua Ikatan Alumni UPN Veteran Jatim mengungkapkan Ikatan Alumni UPN Indonesia adalah gagasan bersama ikatan alumni dari tiga UPN.

Dengan latar belakang sebagai kampus bela negara yang dulu dinaungi Kementrian Pertahanan, ketiga UPN memutuskan membentuk organisasi gabungan.

"Harapannya setelah ini ada konsolidasi dan punya program sinergis antar UPN," ungkapnya dalam Musyawarah Ikatan Alumni UPN Veteran Indonesia di gedung pasca sarjana UPN Veteran Jatim, Sabtu (8/9/2018).

Dengan demikian, bisa diadakan berbagai kegiatan dengan skala yang lebih besar. Seperti Jobfair yang melibatkan alumni dari 3 UPN. Apalagi alumnus tiga UPN ini telah tersebar dan menjalankan karir di beragam bidang.

"Kami sedang membuat website karena alumnus kami berserakan di mana-mana. Kami data alumnus posisi dimana dan perkembangan karirnya. Perkiraan tiga UPN ini alumnusnya mencapai 15.000," urai alumnus 1978 ini.

Sayangnya, pendataan ini masih terkendala dengan akses teknologi yang belum bisa dijangkau semua tingkatan. Seperti di UPN Veteran jatim yang data alumnusnya baru dipenuhi angkatan 1990-an ke atas, sementara angkatan 1990-an ke bawah banyak yang belum terdata.

"Makanya dengan dibentuknya alumni Indonesia ini harapannya akan memperluas informasi program kami. Karena alumnus UPN sudah menyebar, angkatan saya saja banyak yang belum terdata," lanjut Budi.

Selain itu, adanya ikatan alumni dalam skala besar diharapkan mampu mendukung jalannya universitas. Seperti dalam peningkatan kualitas lulusannya dengan memberikan program magang di tempat alumnusnya.

Prof Teguh Soedarto, Rektor UPN Veteran Jatim menambahkan, terbentuknya Ikatan Alumni UPN Veteran Indonesia ini akan mampu meningkatkan kebersamaan, sinergi, serta menjawab tantangan saat ini.

"Harapannya mengoptimalkan sinergitas antar alumni dengan universitas. Harus ada kerjasama yang bagus, terus berinovasi dan memberikan program yang sesuai dengan kondisi kampus," pungkasnya.

Dalam Munas pertama ini sejumlah perwakilan dari UPN Veteran Jakarta dan Yogyakarta juga hadir. Rencananya dalam satu hari, Munas akan memilih sekjen Alumni UPN Indonesia dan berbagai aturan organisasinya.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved