Berita Malang Raya

Kisah Penjual Nasi dan Juru Parkir di Malang Bobol 25 Rumah Kosong di Siang Hari

Dua kakek-kakek itu hanya butuh waktu sekitar lima menit untuk membobol satu rumah.

Kisah Penjual Nasi dan Juru Parkir di Malang Bobol 25 Rumah Kosong di Siang Hari
Surya/Aflahul Abidin
Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri menunjukkan barang bukti kasus pembobolan rumah di siang hari yang berhasil mereka ungkap, Jumat (7/9/2018). 

SURYA.co.id | MALANG.COM - Juru parkir asal keluarahan Bareng, Yupiter Romusa (51), dan penjual nasi asal Kelurahan Sawojajar, Pristiwanto (53), telah membobol sekitar 25 rumah dalam kurun tiga tahun terakhir.

Mereka telah ditangkap anggota Polres Malang Kota dan diungkap ke media, Jumat (7/9/2018).

Juru parkir dan penjual nasi itu menyasar rumah kosong. Mereka beraksi pada sore hari. Dua aksi terakhir, yakni di daerah Janti pada awal September dan Joyogrand pada Agustus.

Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri menjelaskan, mereka menentukan target rumah yang dibobol dengan cara melihat lampu teras.

Rumah yang kondisinya sepi dan lampunya menyala di siang hari akan dipilih sebagai target. Menurut Kapolres, mereka yakin rumah-rumah dengan ciri-ciri seperti itu dalam kondisi di tinggal pemiliknya.

"Paling banyak rumah yang dibobol di daerah Kecamatan Lowokwaru," kata Asfuri.

Dua kakek-kakek itu hanya butuh waktu sekitar lima menit untuk membobol satu rumah. Cara membobol, yakni mencukit kuncian pintu rumah dengan menggunakan linggis kecil.

Dari mereka, polisi mengamankan tiga linggis kecil yang yang digunakan untuk beraksi. Juga beberapa barang bukti hasil rampokan.

Sebelum mencukit pintu, mereka mengedor pintu seperti orang akan bertamu. Jika tak ada tanggapan dari dalam, mereka baru menjalankan aksi.

Yupiter dan Pristiwanto berbagi tugas saat beraksi. Seorang masuk ke rumah dan mengambil barang-barang penting. Sementara satu lainnya berjaga di luar untuk memastikan kondisi aman.

Halaman
12
Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Fatkhul Alami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved