Berita Surabaya

5 Mobil Rental Digadaikan ke Tiga Kota, Pelaku Mengaku Terlilit Utang setelah Usahanya Bangkrut

Deni (45) nekat menggelapkan lima unit mobil rental. Pelaku menggadaikan mobil-mobil itu ke penadah di tiga kota, Gresik, Sidoarjo, dan Pasuruan.

5 Mobil Rental Digadaikan ke Tiga Kota, Pelaku Mengaku Terlilit Utang setelah Usahanya Bangkrut
surya/mohammad romadoni
Kapolsek Karangpilang Kompol Noerjianto (kiri) memperlihatkan pelaku penggelapan mobil rental dan barang buktinya, Jumat (7/9/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Terlilit utang, Deni (45) nekat menggelapkan lima unit mobil rental. Pelaku menggadaikan mobil-mobil tersebut kepada penadah di tiga kota, Gresik, Sidoarjo, dan Pasuruan.

Masing-masing mobil rental ini digadaikannya  Rp 15 juta hingga Rp 20 juta.

"Saya butuh uang banyak karena itu terpaksa melakukan hal ini (Penggelapan mobil rental)," ujar Deni di Mapolsek Karangpilang Surabaya, Jumat (7/9/2018).

Dia mengatakan uang sebanyak itu dipakai untuk menutup utang setelah usahanya bangkrut. Sisanya dipakai pelaku untuk menutup biaya sewa mobil rental yang disewanya sejak Juni 2018.

"Saya gadaikan ke teman yang mau menerima lima mobil," ucapnya.

Adapun modus pelaku ini berpura-pura menyewa mobil rental di Dwi Putra di Perum Gunungsari Indah Surabaya dan tempat lainnya. Dia bersama temanya menyewa mobil rental hingga terkumpul lima mobil dengan berdalih untuk dipakai travel.

"Saya pakai identitas milik temannya saat menyewa mobil rental," ungkapnya.

Kapolsek Karangpilang, Kompol Noerjianto mengatakan terbongkarnya kasus ini setelah pihaknya menerima beberapa laporan dari pemilik mobil rental yang mencari keberadaan pelaku. Pihaknya berupaya mentracking GPS mobil rental itu hingga ditemukan di tiga kota Gresik.

"Pelaku pertama kali melakukan penggelapan mobil yang digadaikan ke penadah," ujarnya.

Noerjianto memaparkan dari lima mobil rental itu dua mobil ditemukan di Kota Gresik, dua unit mobil ditemukan di Gedangan Sidoarjo dan satu mobil di Pasuran.

"Dari temuan mobil rental ini kami berhasil menangkap pelakunya," kata mantan Kapolsek Tegalsari Surabaya ini.

Adapun lima unit mobil rental hasil penggelapan itu meliputi satu unit mobil Honda Jazz hitam B 8933 XU, Daihatsu Xenia hitam W 483 XU, dan Daihatsu Xenia abu-abu B 1406 ZFI. Selain itu dua mobil Avanza putih L 1821 JU dan Daihatsu Ayla putih L 1853 LS.

Turut diamankan barang bukti berupa kuitansi sewa lima mobil rental.

"Empat mobil kecuali mobil Honda Jazz akan dipinjam pakaikan sembari menunggu proses pelimpahan berkas P21 pada Kejaksaaan," imbuhnya. 

Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved