Prabowo Akan Ziarah ke Makam Gus Dur dan Pendiri NU di Jatim Hari Ini, 6 September 2018

Selain melangsungkan ziarah di Jombang, Prabowo akan melanjutkan perjalanan ke Bangkalan untuk ziarah ke Makam KH Syaikhona Kholil.

Prabowo Akan Ziarah ke Makam Gus Dur dan Pendiri NU di Jatim Hari Ini, 6 September 2018
Surya/Bobby Koloway
Kedatangan Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto, di Surabaya disambut Ketua DPD Gerindra Jatim, Soepriyatno, Rabu (5/9/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Prabowo Subianto rencananya memulai kunjungan ziarah di Jawa Timur, Kamis (6/9/2018) hari ini.

Pria yang juga akan menjadi bakal calon presiden (bacapres) dari partai Gerindra ini rencananya akan melakukan ziarah ke makam pendiri ormas agama terbesar, Nahdlatul Ulama (NU).

Di antaranya dengan berkunjung ke Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang untuk berziarah ke Makam KH Hasyim Asy'ari, KH Wachid Hasyim, dan KH Abdurahman Wahid (Gus Dur).

Berlanjut ke Tambakberas, untuk berziarah ke makam KH. Abdul Wahab Hasbulloh.

Selain melangsungkan ziarah di Jombang, Prabowo akan melanjutkan perjalanan ke Bangkalan untuk ziarah ke Makam KH Syaikhona Kholil.

Wakil Ketua DPD Gerindra Jatim, Hendro Tri Subiantoro mengatakan, bahwa sejak Rabu (5/9/2018), Prabowo telah bermalam di Surabaya.

"Kunjungan itu hanya acara ziarah saja dan tidak ada pertemuan atau konsolidasi dengan pengurus partai," kata Hendro kepada Surya.co.id di Surabaya, Rabu (5/9/2018).

Di antara makam yang akan diziarahi adalah makam KH Wahab Hasbullah di Tambakberas Jombang, KH Syaikhona Kholil di Bangkalan, hingga KHR As'ad Syamsul Arifin di Situbondo.

Kemudian, KH Hasyim Ashari, KH Wahid Hasyim, dan KH Abdurrahman Wahid (Gusdur) yang berada di Tebuireng, Jombang.

Hendro mengatakan bahwa momentum ziarah tersebut merupakan agenda penting bagi Prabowo. Bagi pihaknya, NU adalah pustaka bagi NKRI dan bangsa ini.

"Pak Prabowo menilai NU adalah pusaka yang keramat. NU adalah pusaka keramat yang telah menegakkan, menjaga, dan mengamankan NKRI," kata Hendro.

Hendro juga menegaskan bahwa perjuangan Prabowo sedikit banyak juga terinspirasi oleh perjuangan tokoh-tokoh NU.

"Hal ini yang menjadi makna dibalik kunjungan beliau di Jawa Timur, khususnya melalui ziarah ini. Banyak tokoh NU yang menjadi inspirasi bagi Pak Prabowo dan kader Gerindra," kata Hendro.

Oleh karenanya, menjelang pendaftaran Pencapresan ini, Prabowo lantas berziarah dan bertawasul kepada para pendiri NU. 

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Fatkhul Alami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved