Berita Surabaya

Jokowi Larang Sertifikat Tanah Diagunkan untuk Beli Mobil, ini Alasannya 

Presiden Jokowi menargetkan sertifikat tanah seluruh warga dari Sabang sampai Merauke tuntas pada 2024

Jokowi Larang Sertifikat Tanah Diagunkan untuk Beli Mobil, ini Alasannya 
SURYAOnline/nuraini faiq
Presiden Jokowi memberikan sertifikat gratis kepada warga Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo JX Internasional Surabaya, Kamis (6/9/2018). 

 SURYA.co.id | SURABAYA - Presiden Jokowi menargetkan sertifikat tanah seluruh warga dari Sabang sampai Merauke tuntas pada 2024. Selama enam tahun ke depan, penuntasan harus dikebut. 

 "Yang ikut bekerja dengan saya harus saya target. Kok enak tidak ada target. Pada 2024 semua lahan rakyat semua sudah bersertifikat," tegas Jokowi di hadapan 5.000 penerima sertifikat gratis. 

Ribuan warga dari Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo, berkesempatan menerima sertifikat langsung dari Jokowi. Mereka dipertemukan di Jatim Expo Surabaya pada Kamis (6/9/2018).

Hadir dalam penerimaan sertifikat itu Menteri Agraria dan Tata Ruang Kepala BPN Sofyan A Djalil dan beberapa menteri. Ikut mendampingi Jokowi Gubernur Jatim Soekarwo serta Bupati Sidoarjo Syaiful Ilah dan Bupati Gresik Sambari.

 Jokowi langsung meminta ribuan warga menunjukkan lembaran sertifikat tanah gratis. Warga ini rata-rata mengurus tidak sampai satu tahun. Mereka senang bisa menerima serifikat itu. 

Tahun lalu, sebanyak 5 juta sertifikat dituntaskan. Tahun ini meningkat menjadi 7 juta. Tahun depan Jokowi menargetkan 9 juta hingga 10 juta. 

Saat ini ada 126 juta tanah milik warga belum bersertifikat. Sedang 46 juta sudah bersertifikat. Sisanya 80 juta akan dituntaskan bertahap. 

 Saaat memberikan sertifikat itu, Jokowi meyakini bahwa sertifikat itu akan disekolahkan ke bank.

"Ingat jangan sekali-kali utang untuk membeli mobil dengan mengagunkan Sertifikat ini. Nanti mobil ditarik dealer dan sertifikat diambil bank. Perhitungkan," kata Jokowi.

 Namun, dia mendorong mencari pinjaman dengan sertifikat untuk modal usaha dan kerja. Baru dapat untung ditabung dan beli mobil. Dia juga minta agar segera dilaminating dan jangan lupa memfoto kopi.  

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help