Berita Malang Raya

Kemendagri Beri Diskresi, PAK APBD Kota Malang Bisa Diselesaikan oleh 5 Anggota DPRD Tersisa

Kuorum berdasarkan jumlah anggota dewan yang tersisa itu, kata Sutiaji, merupakan bentuk diskresi dari Kemendagri.

Kemendagri Beri Diskresi, PAK APBD Kota Malang Bisa Diselesaikan oleh 5 Anggota DPRD Tersisa
surya/aflahul abidin
Plt Wali Kota Malang Sutiaji 

SURYA.co.id | MALANG - Mandeknya kegiatan di DPRD Kota Malang mulai menemui titik temu. Hasil pertemuan perwakilan Pemkot Malang dan DPRD Kota Malang ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menemukan solusi.

Pembahasan yang harus diselesaikan dengan paripurna dapat diselesaikan dengan kehadiran lima orang anggota tersisa. Ditersangkakannya 41 anggota dewan membuat kehadiran lima orang anggota dewan dalam paripurna dinyatakan kuorum.

Hal tersebut disampaikan Plt Wali Kota Malang Sutiaji kepada media, Selasa (5/9/2018) siang. Kesimpulan itu ia terima berdasarkan laporan Sekretaris Daerah Kota Malang Wasto.

"PAK (Perubahan Anggaran Keuangan) bisa segera dilakukan. Pertahapannya sama seperti yang sudah dilakukan. Ada Banmus (Badan Musyawarah), paripurna, dan sebagainya," kata Sutiaji.

Kuorum berdasarkan jumlah anggota dewan yang tersisa itu, kata dia, merupakan bentuk diskresi dari Kemendagri.

Menurut Sutiaji, kemungkinan tak hadirnya dua anggota dewan yang sakit dalam paripurna nanti pun tak menjadi masalah.

"Ketika sakit, dalam kondisi udzur," kata dia.

Dalam pelaksanaan nanti, fungsi Banmus akan digantikan oleh sekretaris dewan. Dalam pembahasannya nanti, Pemprov Jatim akan selalu mendampinggi.

Pembahasan utama setelah kebijakan baru ini ditentukan, yakni penetapan PAK atau APBD Perubahan. Targetnya, PAK bisa ditetapkan pada September nanti.

"Sudah proses pembahasan. Setelah ini, diharapkan ada penetapan. Kita kirim surat ke OPD (Organisasi Perangkat Daerah) untuk mengumpulkan data," ujar Sutiaji. Setelah data terkumpul, pemkot baru akan melemparkannya ke DPRD Kota Malang.

Halaman
12
Penulis: Aflahul Abidin
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved