Berita Malang Raya

Kemarau Disebut Turut Andil Timbulnya Kebakaran, BPBD Minta Instansi Lain Dilibatkan Pemadaman

Kepala BPBD Kabupaten Malang, Bambang Setiawan mengakui faktor musim kemarau pengaruhi timbulnya api di wilayah-wilayah yang memiliki semak belukar.

Kemarau Disebut Turut Andil Timbulnya Kebakaran, BPBD Minta Instansi Lain Dilibatkan Pemadaman
SURYAOnline/erwin wicaksono
Kebakaran¬† di Gunung Geger,¬† Desa Sumberejo, Kecamatan Pagak,¬† Kabupaten Malang, Selasa siang (4/6/2018). 

SURYA.co.id | MALANG - Dua insiden kebakaran terjadi di wilayah Kabupaten Malang dalam tempo dua hari. Kebakaran di Hutan di area pegunungan Pujon, Senin malam (3/9/2018) dan di Gunung Geger, Desa Sumberejo, Kecamatan Pagak pada siang tadi Selasa (4/9/2018).

Kepala BPBD Kabupaten Malang, Bambang Setiawan mengakui faktor musim kemarau pengaruhi timbulnya api di wilayah-wilayah yang memiliki semak belukar yang rawan timbulnya kebakaran seperti di Gunung Geger dan wilayah pegunungan di Pujon.

"Kami akui untuk kebakaran,  faktor musim yakni kemarau turut beli andil ya timbulnya titik api,  di wilayah-wilayah pegunungan yang memiliki semak belukar seperti di Pujon dan Gunung Geger," terang Bambang ketika dikonfirmasi, Selasa (4/9/2018)

Bambang menyebut BPBD Kabupaten Malang terus melakukan pemantauan yang melibatkan Perhutani sebagai langkah preventif agar penanganan jika terjadi kebakaran cepat teratasi, ia menghimbau masyarakat  ikut menjaga dan tidak melakukan tindakan yang dapat memicu kebakaran.

"Wilayah itu kan sebenarnya bersama dengan Perhutani,  maka dari itu kita terus lakukan pencegahan bersama, yang pasti pemantauan terus,  kami himbau masyarakat ikut menjaga jangan bikin tindakan memicu timbulnya api seperti membuang rokok sembarangan," tambah Bambang.

Sedang guna penanggulangan kebakaran semakin efektif, Bambang berharap ada pelibatan instansi lain seperti pemadam kebakaran, Perhutani, Polsek, Koramil, dan masyarakat setempat.

"Pastinya kerja sama ya, elemen-elemen seperti Polsek, Koramil, Perhutani,  Damkar,  dan masyarakat setempat pastinya akan kami libatkan untuk penanggulangan," pungkasnya. 

Penulis: Erwin Wicaksono
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved