Berita Surabaya

Kalahkan Peserta Jenjang SMA, Bocah SD Sidoarjo Ini Menang Olimpiade Matematika Dunia di Hongkong

Cleona memenangi olimpiade matematika dalam bahasa Inggris dan meraih nilai terbaik dari semua jenjang sekolah yang dilombakan.

Kalahkan Peserta Jenjang SMA, Bocah SD Sidoarjo Ini Menang Olimpiade Matematika Dunia di Hongkong
surya/nuraini faiq
Cleona Einar Maulidiva, bocah kelas 2 MI Maarif NU Pucang Sidoarjo saat disambut sekolahnya di Bandara Juanda, Selasa sore kemarin. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Cleona Einar Maulidiva bocah kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah (MI) Maarif NU Pucang Sidoarjo mengharumkan bangsa Indonesia  di bidang Olimpiade Matematika dunia. Cleona, Selasa (4/9/2018), semalam baru pulang dari Hongkong di ajang HKIMO (Hongkong International Mathematical Olympiade).

Bocah 'ajaib' ini membawa pulang medali emas dalam adu matematika internasional. Yang bikin fantastis dan dikagumi semua peserta dan juri, Cleona tidak saja memenangi Olimpiade menyelesaikan soal matematika dalam bahasa Inggris, namun mampu meraih nilai terbaik dari semua jenjang sekolah yang dilombakan.

"Istilah mereka Cleona adalah the best score for all grade. Peraih nilai tertinggi dari semua jenjang. Atas raihan nilai tertinggi ini mendapat piala, World Star Thropy dan tiket gratis ke final Olimpiade tahun depan," ucap Shinta, ibunda Cleona, Rabu (5/9/2018).

Perempuan ini juga kaget kalau putrinya mampu menyabet tiga penghargaan sekaligus. World star Thropy ini hanya diberikan kepada peraih skor tertinggi di setiap jenjang. Olimpiade matematika internasional di Hongkong itu diadu siswa SD, SMP, dan SMA. Mengejutkan, Cleona mendapat Predikat The best score dari level bawah SD hingga Level SMU.

Cleona yang jago bahasa Inggris itu mengaku terbiasa dengan soal matematika internasional.

"Kemarin di Hongkong ada 30 soal. Mudah kok," ucap Cleona.

Soal-soal Olimpiade itu berupa soal Logical Thinking, Aritmatics, Number of Theory, dan Combinatoric Geometry. Masing-masing 10 soal. Semua harus dikerjakan dalam waktu 90 menit.

Pelaksanaan HKIMO digelar 29 Agustus - 3 September 2018. Ada sekitar 1.000 peserta dari seluruh dunia.

Di antaranya tuan rumah Hongkong, Bulgaria, Kryizigtan, Macau, China, Ukraina, Australia, Iran, Vietnam, Singapura, Taiwan, Thailand, Malaysia, dan negara lain.

Begitu tiba di Tanah Air, Cleona langsung disambut meriah di Bandara Juanda.

"Saya sempat cemas karena pada saat ngerjakan kondisi kesehatan Cleona sedang tak fit," kena Shinta yang seorang dokter.

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved