Berita Bisnis

Holding Perkebunan Terapkan e-Farming di Seluruh PTPN Gula, Ini Role Modelnya

Prosesi sinergi e-farming untuk semua PTPN Gula sudah dilakukan pekan lalu di kantor PTPN X yang ada di Surabaya.

Holding Perkebunan Terapkan e-Farming di Seluruh PTPN Gula, Ini Role Modelnya
surya/istimewa
Dwi Satriyo Annurogo, Direktur Utama PTPN X (kedua dari kiri) dan Direktur Tanaman Semusim Holding Perkebunan M Cholidi (tiga dari kiri) saat peluncuran Go-Live Implementasi e-Farming di Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Holding Perkebunan Nusantara meneraptan e-farming di seluruh PTPN Gula.

Langkah ini dilakukan untuk mewujudkan best agricultural practices.

Direktur Tanaman Semusim Holding Perkebunan M Cholidi, mengatakan, e-Farming adalah aplikasi pendaftaran lahan dan monitoring kemajuan pekerjaan kebun melalui web dan mobile application (android) yang didukung dengan teknologi GIS dan satelit.

"e-Farming memberikan beberapa manfaat yaitu kemudahan registrasi lahan di beberapa pabrik gula, keakuratan verifikasi lahan untuk menghindari overlapping area, kemudahan monitoring lahan, dan juga sebagai media komunikasi dengan petani setiap saat," jelas Cholidi, Rabu (5/9/2018).

Prosesi sinergi e-farming untuk semua PTPN Gula sudah dilakukan pekan lalu di kantor PTPN X yang ada di Surabaya.

Diikuti pimpinan dan manajemen dari Direktur Operasional PTPN IX, PTPN XI, PTPN XII, dan jajaran Direksi PTPN X.

"Aplikasi ini telah diterapkan di PTPN X sejak tahun 2016 dan terus dikembangkan setiap tahunnya. Setelah kesuksesan penerapan ERP-SAP di PTPN X, e-farming dengan aplikasi Go-Live Implementasi e-Farming ini juga menjadi bukti kesuksesan penerapan teknologi mutakhir di setiap proses bisnis PTPN X," jelas Dwi Satriyo Annurogo, Direktur Utama PTPN X.

Beberapa tahapan pengimplementasian telah dilakukan oleh PTPN X selaku role model dan implementator sejak awal Juli 2018 yang lalu.

Tahapan tersebut, yaitu everview e-Farming, penyusunan Business Blueprint & Key User Training, End User Training, hingga penyesuaian aplikasi dengan level koroporasi Holding Perkebunan.

"Nantinya, akan ada 2.700 user di 7 PTPN Gula yang akan mengoperasikan e-Farming ini," tambah Cholidi.

Sementara terkait Go-Live Implementasi e-Farming ini merupakan komitmen bersama seluruh jajaran Direksi PTPN Gula dan Holding Perkebunan Nusantara untuk penerapan teknologi informasi guna mendukung industri gula nasional.

"Adanya implementasi e-Farming di seluruh PTPN gula akan dapat menunjang produktivitas di sisi on farm. Selain itu juga akan akan diperoleh kepastian luas lahan tanaman tebu dan jumlah Bahan Baku Tebu (BBT)," ungkap Dwi Satriyo.

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help