Persebaya Surabaya

Rendi Irwan Ungkap Dampak Besar PsikoFun bagi Permainan Persebaya

PsikoFun merupakan permainan sederhana dengan yang bertujuan untuk menanamkan nilai tertentu terhadap pemain

Rendi Irwan Ungkap Dampak Besar PsikoFun bagi Permainan Persebaya
Surya/Habibur Rohman
Gelandang persebaya, rendi Irwan (kanan) saat menjalani latihan di Lapangan Sier Surabaya, Selasa (21/8/2018) pagi. 

SURYA.co.id I SURABAYA – Peran penting PsikoFun dalam pembentukan mental dan emosi pemain saat bertanding diakui oleh kepten tim Persebaya, Rendi Irwan Saputra.

Menurut pemain kelahiran Sidoarjo itu, kebiasaan positif dari aktivitas PsikoFun bisa mempengaruhi perilaku pemain bahkan sejak H-1 pertandingan. Perilaku positif itu akan terus memberi sugesti positif pada pemain hingga saat pertandingan.

 “Itu (PsikoFun, red) sangat bagus buat tim, kita bisa melakukan apa yg harus menjadi kebiasaan kita sebelum bertanding karna kita sudah setting dalam otak dan pikiran kita dari sebelum tidur malam hari H-1 sampai masuk lapangan melakukan pemanasan,” terangnya, Senin (3/9/2018).

Di tim Persebaya sendiri menurut Rendi, sesi PsikoFun diberikan tidak setiap hari, namun hanya pada bagian-bagian tertentu menjelang pertandingan, PsikoFun tidak lain untuk membentuk mentalset , umumnya dilakukan H-1 sebelum pertandingan.

PsikoFun hanya dibagian-bagian tertentu menjelang pertandingan, tujuan berdampak pada mental pemain yg disebut dengan mentalset, biasanya H-1 itu diadakan kelas mentalset,” pungkas pemain bernomor punggung 12 tersebut.

Dengan mental pemain yang stabil, tentu akan menjadikan pemain lebih tenang saat menjalani pertandingan, baik saat tim tertinggal maupun unggul.  

PsikoFun merupakan permainan sederhana dengan yang bertujuan untuk menanamkan nilai tertentu terhadap pemain, seperti kerjasama tim, ketepatan dalam mengambil keputusan, juga kejelian.

Permainan PsikoFun sedikit fleksibel, karena selain bisa dimainkan secara individu atau kelompok, juga bisa dimainkan baik di dalam ruangan maupun diluar, salah satu permainan PsikoFun adalah Duct Mazes Game.

Penerapan jenis permainan dari PsikoFun sendiri disesuaikan dari hasil analisis Psikolog dalam tim, karena setiap permainan memiliki nilai sugesti berbeda terhadap pemain. 

Penulis: Khairul Amin
Editor: Fatkhul Alami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help