Berita Surabaya

Mulai Besok 'Bus Tumpuk' Mulai Beroperasi di Surabaya. Ini Rutenya

Mulai besok di Surabaya akan beroperasi bus bertingkat alias bus tumpuk. Berikut rute yang akan dilayaninya.

Mulai Besok 'Bus Tumpuk' Mulai Beroperasi di Surabaya. Ini Rutenya
surabaya.tribunnews.com/ahmad zaimul haq
Bus tingkat (double deck) atau bus tumpuk saat uji jalur di Jl Gubernur Suryo, Selasa (4/9). Rencananya bus sumbangan (CSR) Bank Mayapada itu akan mulai beroperasi dari Utara ke Selatan dan tetap gratis atau membayar dengan sampah plastik. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Bus double decker atau bus bertingkat milik Pemerintah Kota (pemkot) Surabaya akan mulai beroperasi besok, Rabu (5/9/2018).

Bus hasil CSR dengan bank swasta ini memiliki teknologi tak jauh berbeda dengan Suroboyo Bus, transportasi icon kota Surabaya yang sebelumnya sudah beroperasi terlebih dahulu. Hanya saja ukuran dan kapasitas penumpang jauh lebih banyak, 71 orang.

Di dek bawah tersedia 16 seat, sedangkan untuk dek atas terdiri dari 59 seat.

'Bus Tumpuk' ini juga memberikan fasilitas untuk disabilitas, hanya saja tidak dilengkapi pegangan untuk penumpang yang berdiri karena tidak dimungkinkan.

Sebelumnya Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini mengatakan bahwa bus akan beroperasi jalut Barat -Timur, khusus melewati kampus-kampus besar.

Namun hal ini diinformasikan kembali oleh Irvan Wahyu Drajat, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya bahwa bus tidak bisa melalui jalur Barat - Timur karena madalah utilitas.

"Jalur Bus Tumpuk adalah Utara - Selatan, tidak jadi Barat - Timur karena banyak hambatan pohon dan utilitas," terang Irvan, Selasa (4/9).

Rute Bus Tumpuk yaitu dari Terminal Purabaya - Halte Dukuh Menanggal - Halte Siwalankerto - Halte Taman Pelangi - Halte RS Bhayangkara - Halte UBHARA - Halte Pusvetma - Halte Ketintang - Halte Joyoboyo - Halte Museum BI, Halte RS Darmo - Halte Pandegiling - Halte Basra -Halte Kaliasin -Halte Embong Malang - Halte Blauran - Halte Pringadi.

Kemudian kembali lagi ke Terminal Purabaya lewat rute Halte Alun-alun Contong - Halte Siola - Halte Tunjungan - Halte Simpang Dukuh - Halte Gubernur Suryo - Halte Panglima Sudirman - Halte Sono Kembang - Halte Urip Sumoharjo - Halte Santa Maria - Halte Darmo - Halte Marmoyo - Halte Joyoboyo -Halte RSAL - Halte Margorejo - Halte Wonocolo - Halte UIN - Halte Ngawinan - Halte Siwalankerto - Halte Menanggal - Terminal Purabaya.

Irvan menambahkan, Bus Tumpuk tidak melewati viaduk, karena ukurannya yang jauh lebih besar.

"Iya, besok sudah mulai operasi setelah hari ini kita uji coba. Ada beberapa hal yang kota lengkapi lagi seperti Telematika atau on board unit (OBU), running text, dan GPS. Operasi full besok pagi untuk dua rute tersebut," jelasnya.

Dengan adanya penambahan transportasi ini, Irvan mengatakan Pemkot Surabaya berharap masyarakat pindah dari kendaraan pribadi ke transportasi umum, agar mengurangi kemacetan dan kecelakaan. 

Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help