Persebaya Surabaya

Langkah Psikolog untuk Segarkan Kondisi Pemain Persebaya

Tidak hanya soal teknis pertandingan, sisi psikologi pemain juga menjadi pertahatian khusus menajemen Bajul Ijo di jeda kompetisi

Langkah Psikolog untuk Segarkan Kondisi Pemain Persebaya
surya/Habibur Rihman
Pemain Persebaya, OK Jhon dan Rendi Irwan saat menjalani sesi berlatih di lapangan SIER Surabaya, Jumat (31/8/2018). 

SURYA.co.id I SURABAYA – Jeda kompetisi Liga 1 lantaran ada Asian Games 2018, setiap tim kontestan Liga 1 disibukkan membenahi kekurangan tim. Begitu juga dengan Persebaya Surabaya.

Tidak hanya soal teknis pertandingan, sisi psikologi pemain juga menjadi pertahatian khusus menajemen Bajul Ijo di jeda kompetisi selama kurang lebih satu bulan ini.

Tujuannya agar mental pemain tetap berada pada kondisi baik, terlebih di laga terakhir menjelang jeda libur, tim Bajul Ijo mendapat hasil kurang baik.

Oleh karena itu, menjaga mental pemain agar tetap berada pada kondisi terbaik sebelum melakoni laga lawan PS Tira di Stadion Gelora Bung Tomo, 11 September 2018.

Afif Kurniawan, staf pelatih bidang psikologi Persebaya, program-program yang dilakukan di jeda kompetisi ini pada dasarnya berbasis analisis kebutuhan dan melihat kondisi dan dinamika tim.

Dari hasil itu kemudian dilakukan tindakan penanganan lanjutan.

“Berdasarkan data observasi dan input dari kepala pelatih. Namun secara umum, program yang diberikan berfokus pada dua pendekatan, pencegahan (preventif) dan penanganan (kuratif),” terangnya, Senin (3/9/2018).

 Analisis awal itu dilakukan agar penanganan yang nantinya diberikan benar-benar tepat sasaran.

 “Kita harus tahu kondisi mental tim terkini seperti apa dan faktor apa yang menyebabkannya. Selanjutnya kita tentukan programnya bagaimana,” ujarnya.

Ditambahkan, pria keliharan Pasuruan 14 Oktober 1985 lalu itu juga menyebut bahwa pada kondisi tertentu akan dilakukan penyegaran mental pemain melalui PsikoFun.

Halaman
123
Penulis: Khairul Amin
Editor: Fatkhul Alami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help