Berita Tuban

Tak Perlu ke Kota, Kepala Dinas Dukcapil Tuban Imbau Warga Urus E-KTP di Kantor Kecamatan

Kepala Dinas Dukcapil Tuban mengimbau masyarakat untuk mengurus E-KTP di masing-masing kantor kecamatan.

Tak Perlu ke Kota, Kepala Dinas Dukcapil Tuban Imbau Warga Urus E-KTP di Kantor Kecamatan
surabaya.tribunnews.com/m sudarsono
Suasana di ruangan percetakan E-KTP di kantor Dukcapil Tuban, tampak para pegawai masih menginput dan memeriksa data 

SURYA.co.id | TUBAN - Banyaknya masyarakat yang masih mengurus KTP Elektronik atau E-KTP di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Tuban, membuat kepala dinas mengeluarkan himbauan.

Menurut Kepala Disdukcapil, Agus Priyono Hadi, masyarakat yang masih mengurus dokumen KTP Elektronik di kota justru tidak efektif dan akan membuang-buang waktu.

Sebab, untuk pengurusan KTP Elektronik di kecamatan sudah bisa dilakukan.

"KTP Elektronik bisa diurus di tiap-tiap kecamatan sampai proses jadi, mulai hari ini sudah bisa. Sebenarnya sudah lama bisa dilakukan di kecamatan," ujarnya kepada Surya saat ditemui di kantornya, Senin (3/8/2018).

Lebih lanjut dijelaskan, di setiap kecamatan sudah dilengkapi alat untuk foto serta perekaman KTP Elektronik yang meliputi tanda tangan scanner dan iris mata.

Jadi tidak perlu lagi datang ke kantor Dukcapil, cukup datang di kantor kecamatan.

Setelah difoto dan direkam, datanya langsung terkirim ke pusat. Kemudian dari pusat jika tidak ada masalah alias pre ready record (PRR), maka data akan dikirim ke Dukcapil, kemudian akan langsung dicetak.

"Ya kalau data yang dikirim dari kecamatan ke pusat tidak ada masalah, maka data akan dikirim ke dukcapil untuk dicetak," ungkapnya.

Setelah selesai dicetak, maka E-KTP akan dikirim ke masing-masing kecamatan. Berikutnya diambil oleh masing-masing warga yang memohon.

Jadi, di dukcapil hanya proses percetakan E-KTP, karena blangko dan mesin cetaknya tersedia. Sedangkan di kecamatan hanya ada alat foto dan perekaman.

"Saya tegaskan warga tidak perlu mengurus E-KTP sampai ke Dukcapil, cukup di kecamatan sudah bisa. Waktunya paling lama satu Minggu jadi," pungkasnya.

Penulis: M. Sudarsono
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved