Citizen Reporter

Di Tempat Ini Pasar untuk Promosi Budaya

Di Khlong Hae, Thailand, selain pasar apungnya, juga ada suguhan tari tradisional dari Phak Phayoon. Namanya Ram Nora Son Ram.

Di Tempat Ini Pasar untuk Promosi Budaya
ist

Pasar adalah tempat yang amat dekat dengan kehidupan manusia untuk melakukan transaksi jual beli. Hampir segala kebutuhan pokok terdapat di pasar.

Lantas, apa jadinya jika pasar yang berada di atas air? Pasar apung merupakan destinasi yang menarik perhatian. Di Indonesia terdapat beberapa pasar apung, baik di Jawa maupun luar Jawa. Namun, tidak ada salahnya mencoba sensasi baru pasar terapung di luar Indonesia.

Khlong Hae Floating Market yang berada di Hat Yai, Thailand, adalah pasar terapung yang hanya buka tiga hari dalam sepekan, yakni Jumat, Sabtu, dan Minggu.

Banyak kendaraan yang diparkir di halaman depan pasar. Pasar itu terbagi menjadi dua, yaitu yang menjual oleh-oleh dan makanan, serta pasar perahu yang mengapung di atas sungai yang menjual kebutuhan sehari-hari.

Banyak wisatawan datang untuk menikmati sensasi berbelanja di pasar apung. Pengunjung dapat menjumpai wisatawan dari berbagai negara seperti Indonesia, Malaysia, dan Tiongkok.

Makanan yang dijual banyak yang halal sehingga tidak perlu takut memilih. Beragam makanan dan kudapan dijual, seperti es kelapa muda, bakpao, kwetiau tom yum, nasi goreng, dan masih banyak lagi. Harga makanan dibanderol mulai dari 10 Baht hingga 80 Baht.

Kamal, guru di Darul Mujahiddeen Thailand mengingatkan untuk berhati-hati. Darul Mujahiddeen adalah tempat para mahasiswa Universitas Negeri Malang berpraktik mengajar. Rata-rata harga di pasar itu sangat terjangkau. Namun, ada beberapa makanan yang tergolong mahal.

“Di sini ada beberapa jenis makanan yang sangat mahal. Maa maa dan kwetiau tom yum dijual 40 Baht atau dua kali lipat dari harga aslinya,” ujar Kamal.

Hal lain yang menarik di Khlong Hae selain pasar apungnya, juga ada suguhan tari tradisional khas Thailand yang berasal dari Phak Phayoon. Namanya Ram Nora Son Ram. Para penari menyuguhkan tarian tradisional, Minggu (5/8/2018).

Tarian dibawakan enam anak yang masing-masing memakai pakaian tari khas Thailand beserta dengan pernak-perniknya. Tarian itu mampu menjadi pusat perhatian seluruh wisatawan yang berada di Khlong Hae. Menarik juga mempromosikan budaya kepada wisatawan di pasar.

Maghfirotul Afida
Mahasiswa Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang
Saat ini menjalankan PPL-KKN di Padang Besar, Thailand
maghfirotul.afida@gmail.com

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help