Single Focus

Buat Agenda Kota, Raup Keuntungan Rp 100 Juta Per Bulan

Berawal dari pengalaman bekerja di periklanan, Syamsul membangun Agenda Kota. Tak disangka, startup ini bisa memberinya puluhan juta Rupiah perbulan

Buat Agenda Kota, Raup Keuntungan Rp 100 Juta Per Bulan
surabaya.tribunnews.com/ahmad zaimul haq
Crew startup Agenda Kota di kantor mereka di Koridor co working space di gedung Siola, Rabu (29/8). Salah satu startup asal Surabaya ini menghadirkan pengalaman berbeda dalam mengkurasi event-event yang sesuai dengan minat para penggunanya. Perusahaan rintisan berbasis website dan mobile itu, user dapat terbantu untuk menemukan event sesuai dengan kategori yang mereka suka. Selain itu, terdapat fitur pengingat agar para pengguna tidak kelewatan acara-acara berdasarkan minat mereka. 

SURYA.co.id |SURABAYA - Berawal dari keinginan untuk memberi pencerahan pada masyarakat atas event-event penting, Syamsul Qomar mulai merintis bisnis startup bertajuk Agenda Kota. Setelah berjalan selama dua tahun, keuntungan besar diraup Agenda Kota. Dalam sebulan, keuntungan yang diraih bisa mencapai  Rp 70 juta hingga Rp100 juta.

Pria yang saat ini menjadi Chief Executive Officer (CEO) Agenda Kota ini bertutur, munculnya startup Agenda Kota ini tak lepas dari pengalamannya bekerja di bagian iklan sebuah media besar di Jatim.

“Sebelumnya saya memang bekerja di bagian iklan di media cetak. Para pengiklan yang mau masukkan iklan, 70 persen materinya berupa iklan acara atau event,” jelasnya, Senin (3/9).

Meski banyak pengiklan, namun tak semua iklan bisa dimasukkan ke media mainstream ini. Faktor biaya iklan yang cukup tinggi, membuat iklan secara konvensional ini jadi tak efektif. Dia pun mulai melirik sistem ini secara digital, dengan membuat blog sendiri.

“Blog yang saya buat ini bisa diisi info-info menarik serta agenda di kota. Semuanya itu gratis,” paparnya.

Tak dinyana, dengan banyaknya kenalan teman dan event organiser (EO), blog yang dibuatnya ini mulai banjir informasi event atau agenda.

Melihat animo yang cukup besar itu, dia memutuskan banting setir menangani ini dan otomatisasi Agenda Kota sejak 2016.

Dengan investasi sebesar Rp 50 juta, dia mulai menggarap startup Agenda Kota ini secara serius.

Di situs resmi, dia menggunakan nama agendakota.id untuk menginformasikan event dan agenda penting.

Perusahaan rintisan berbasis website dan mobile ini juga merambah media sosial, seperti facebook dan instagram.

Halaman
12
Penulis: Sudharma Adi
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help