Citizen Reporter

Belajar Berhaji Dulu di Sekolah

Keesokan harinya, mereka melakukan thowaf perpisahan yang senantiasa dilakukan para jemaah haji sebelum kembali ke negaranya.

Belajar Berhaji Dulu di Sekolah
ist

Siswa kelas IX SMP Negeri 1 Cerme melaksanakan praktik memeragakan ibadah haji dan umrah pada Pendidikan Agama Islam kelas IX. Prosesinya dilaksanakan di lingkungan sekolah.

Menurut Moh Maftuh, Kepala SMP Negeri1 Cerme, kegiatan itu wajib diikuti seluruh siswa kelas IX. Itu karena merupakan bagian dari proses pembelajaran yang dilakukan di luar kelas.

Kegiatan dilaksanakan Jumat (24/8/2018) dan Sabtu (25/8/2018). Rebiyanto, ketua panitia mengatakan, sekitar 300 siswa kelas IX yang terlibat. Untuk memudahkan pelaksanaan prosesi beberapa siswa dibagi menjadi beberapa regu. Setiap tiga regu dibentuk satu rombongan dengan bimbingan ketua rombongan.

Widjiningsih, salah seorang guru sekaligus staf peningkatan mutu di sekolah itu menjelaskan rangkaian prosesi mulai siswa berkumpul di sekolah menuju tempat yang telah ditentukan yang dianggap sebagai Miqot. Dari Miqot siswa diajak berjalan menuju halaman sekolah yang sudah diletakkan miniatur Kabah yang dianggap sebagai Masjidil Harom.

Dengan iringan Talbiyah seluruh rombongan mengucapkan doa masuk masjid dilanjutkan dengan doa menatap Ka’bah. Selanjutnya, dilakukan prosesi umrah dimulai dari thowaf mengelilingi Ka’bah tujuh kali dengan membaca doa lengkap dan salat sunnah.

Sesudah itu mereka melakukan sa’i lari-lari kecil dari bukit Shofa ke Marwah dan ditutup memotong sebagian ujung rambut. Setelah beristirahat, salat, dan makan, rombongan bersiap wuquf di Arafah.

Dengan berjalan kaki rombongan menuju ke Arafah. Dalam seluruh rangkaian, diupayakan agar para siswa seolah-olah benar-benar berada di padang Arafah. Itu sebabnya, mereka juga berzikir di bawah terik matahari.

Yang menarik, para siswa juga diajak bermalam seolah-olah sedang berada di Muzdalifah sambil mencari kerikil. Seluruh rombongan harus beristirahat dengan tidur sambil meresapi hakikat kehidupan sampai pada kematian. Sesudah itu, mereka bergegas ke Mina untuk melempar jumroh.

Rombongan telah melakukan rangkaian ibadah haji dengan sempurna. Keesokan harinya, mereka melakukan thowaf perpisahan yang senantiasa dilakukan para jemaah haji dari seluruh penjuru dunia sebelum kembali ke negara masing-masing.

Tampak ekspresi yang menyenangkan dari semua peserta manasik. Menurut Arya, salah satu peserta manasik, pembelajaran praktik manasik haji dan umrah itu menumbuhkan semangat serta rasa iman dan takwa bagi seluruh siswa SMPN 1 Cerme.

Nur Hamidah
Guru SMPN 1 Cerme, Gresik
hamidahrochim@gmail.com

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help