Berita Gresik

Polisi Ungkap Penyebab Kebakaran Pabrik Plastik di Driyorejo, Sumber Api Diduga dari Benda ini

Pabrik plastik PT Pelita Mekar Semesta, Jl Raya Sumput Desa Sumput, Kecamatan Driyorejo, Gresik, terbakar pada Sabtu (1/9/2018).

Polisi Ungkap Penyebab Kebakaran Pabrik Plastik di Driyorejo, Sumber Api Diduga dari Benda ini
surya/sugiyono
ASAP HITAM - kepulan asap tebal yang membakar pabrik plastik di Desa Sumput Kecamatan Driyorejo, Sabtu (1/9/2018), menjadi tontonan warga. 

SURYA.co.id | GRESIK - Pabrik plastik PT Pelita Mekar Semesta, Jl Raya Sumput Desa Sumput, Kecamatan Driyorejo, Gresik, terbakar pada Sabtu (1/9/2018).

Polisi menduga titik api dalam kebakaran tersebut berasal dari tumpukan plastik bekas.

Kanit Reskrim Polsek Driyorejo Iptu Mutlakin mengatakan dari hasil keterangan para pekerja di pabrik plastik mengatakan awal mula kebakaran.

Dari keterangan saksi, kebakaran berawal dari pukul 05.30 WIB. Saat itu karyawan pabrik mengetahui tumpukan plastik metalising di gudang biji plastik bagian utara mengeluarkan asap. Selanjutnya bersama teman-temannya berupaya memadamkan api, namun tidak bisa dan api tambah membesar disertai kepulan asap hitam dari bahan plastik yang terbakar.

"Dugaan awal terjadinya kebakaran menurut keterangan saksi, sumber api berasal dari tumpukan plastik metalising," kata Mutlakin, Minggu (2/9/2018).

Selanjutnya, pukul 06.00 WIB, asap api kembali meluas membakar area belakang gudang biji plastik sebelah utara. Api terus membesar sampai pukul 06.30 WIB petugas pemadam kebakaran dari perusahaan terdekat tiba dan melakukan pemadaman. Disusul pemadam dari Pemkab Sidoarjo, Pemkot Surabaya, Pemkot Mojokerto dan Pemkab Gresik.

"Total mobil pemadam kebakaran yang memadamkan ada 11 Unit mobil dan 2 Unit mobil tangki air," imbuhnya.

Untuk melihat proses pemadaman, Kapolres Gresik AKBP Wahyu Sri Bintoro datang ke lokasi kebakaran di dua industri. Yaitu di pabrik pengolahan kayu Desa Boboh Kecamatan Menganti, kudoan bergeser ke pabrik plastik di Jl Raya Sumput Desa Sumput Kecamatan Driyorejo.

Kapolres Gresik ikut membantu proses pembasahan untuk memadamkan api. "Sampai saat ini pukul 13.00.WIB masih proses pemadaman," imbuhnya.

Dari kebakaran di pabrik plastik, Edy (40) Direktur PT Pelita Mekar Semesta belum bisa menaksir kerugian akibat kebakaran. Padahal yang terbakar yaitu mesin pelet, bahan baku plastik, bahan setengah jadi dan bahan jadi beserta gudang dan isinya. "Kerugian material masih belum bisa dihitung," katanya.

Sementara, warga sekitar melihat kebakaran di pabrik plastik menjadi sebuah tontonan. Sebab, kepulan asap hitam membumbung tinggi di langit. "Asap hitam membuat warga penasaran sebab kepulan hitam pekat membumbung tinggi di langit," kata Siswanto, warga Sumput, Kecamatan Driyorejo.

Penulis: Sugiyono
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved