Berita Blitar

Lelang Gagal, Dua Ruas Jalan di Kota Blitar Batal Dibeton

Rencana Pemkot Blitar membeton 5 ruas jalan untuk jalur kendaraan bermuatan berat pada tahun ini hanya terealisasi di 3 ruas jalan saja.

Lelang Gagal, Dua Ruas Jalan di Kota Blitar Batal Dibeton
surabaya.tribunnews.com/samsul hadi
Proses pembanguan jalan di Jl Jati, Kota Blitar. Jalan Jati satu dari lima ruas yang akan dibeton tahun ini. 

SURYA.co.id | BLITAR - Rencana Pemkot Blitar membeton lima ruas jalan yang menjadi jalur kendaraan bermuatan berat pada tahun ini hanya terealisasi di tiga ruas jalan saja. Sedangkan dua ruas jalan lainnya batal dibeton karena proses lelangnya gagal.

"Rencana awal ada lima ruas jalan yang akan kami beton tahun ini. Anggarannya dari DAK pemerintah pusat Rp 30 miliar. Tapi hanya terealisasi tiga ruas saja, yang dua ruas batal karena gagal lelang," kata Kepala Bidang Bina Marga dan Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Blitar, Mudjiono, Minggu (2/9/2018).

Lima ruas jalan yang rencananya dibangun menggunakan beton, yakni, Jl Jati, Jl Klampis, Jl Muara Takus, Jl Brantas, dan Jl Mahakam. Dari lima ruas jalan itu, yang sekarang mulai dibangun, yakni, Jl Jati, Jl Muara Takus, dan Jl Klampis. Sedangkan pembangunan di Jl Brantas dan Jl Mahakam batal dilaksanakan.

Anggaran untuk pembangunan Jl Jati sekitar Rp 10,7 miliar, Jl Muara Takus Rp 2,8 miliar, dan Jl Klampis Rp 7,2 miliar.

Awalnya, sisa anggaran sekitar Rp 9 miliar akan digunakan untuk membangun Jl Brantas dan Jl Mahakam. Tetapi, karena proses lelang gagal, anggaran itu kembali ke pemerintah pusat. "Kami tidak tahu apakah tahun depan bisa mengusulkan lagi anggaran ke pemerintah pusat untuk pembangunan dua ruas jalan itu," ujarnya.

Dia menjelaskan, kelima ruas jalan itu merupakan jalur untuk kendaraan bermuatan berat. Selama ini, konstruksi jalan masih kurang kuat. Akibatnya, jalan sering rusak karena dilewati truk-truk bermuatan berat.

Pemkot Blitar berencana mengganti konstruksi badan jalan menggunakan beton agar lebih kuat.

"Seperti Jl Jati, sekarang sedang proses pembangunan. Konstruksinya jalannya kami ganti dengan beton lalu dilapisi aspal, biar tambah kuat. Pembangunannya ditargetkan selesai akhir tahun ini," jelas Mudjiono.

Sebelumnya, Pemkot Blitar berencana meningkatkan kualitas lima ruas jalan tahun ini. Pemkot Blitar menyiapkan anggaran sebesar Rp 30 miliar dari dana alokasi khusus (DAK) dari pemerintah pusat untuk peningkatan sejumlah ruas jalan itu. 

Baca: Rumah Dijual, Pemuda di Kediri Depresi Hingga Terpaksa Dirantai Kakinya

Baca: Kalah Gugatan, Pemkab Tulungagung Wajib Bayar Rp 6,1 Miliar Untuk Tanah SMPN 1 Kauman

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help