Gempa Bumi NTB

Lagi, Gempa Bumi 5,3 SR Guncang Lombok NTB, Warga Sempat Panik saat Rasakan Getaran

Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar naik Flores

Lagi, Gempa Bumi 5,3 SR Guncang Lombok NTB, Warga Sempat Panik saat Rasakan Getaran
ist/bmkg
Ilustrasi 

SURYA.co.id - Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB) kembali digunang gempa bumi tektonik dengan magnitudo 5,3, Minggu (2/9/2018) pukul 08.15 WITA.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mencatat, episenter gempabumi terletak pada koordinat 8,15 LS dan 116,37 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 55 km arah timur laut Kota Mataram, Propinsi Nusa Tenggara Barat pada kedalaman 16 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar naik Flores (Flores Back Arc Thrust).

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa bumi dibangkitkan deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," terang Kepala Stasiun Geofisika Mataram, Agus Riyanto, dalam keterangan tertulisnya

Guncangan gempa bumi ini dirasakan oleh masyarakat di daerah Lombok Utara, Lombok Barat dalam skala intensitasII SIG- BMKG (III MMI), serta Lombok Tengah, Mataram I SIG-BMKG (II MMI).

"Meski warga sempat panik, tetapi hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut," sebut Agus.

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami.

BMKG menghimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (Karnia Septia)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul : Minggu Pagi, Lombok Kembali Diguncang Gempa Magnitudo 5,3

Editor: Titis Jati Permata
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help