Berita Madiun

Polres Madiun Selidiki Dugaan Pungli di Samsat Kabupaten Madiun yang Sempat Direkam Warga

Prasatya mengapresiasi masyarakat yang telah ikut mengawasi dan memberi kritik unit pelayanan di Samsat Kabupaten Madiun.

Polres Madiun Selidiki Dugaan Pungli di Samsat Kabupaten Madiun yang Sempat Direkam Warga
surya/rahadian bagus
Loket cek fisik kendaraan bermotor di Samsat Kabupaten Madiun yang diduga terjadi praktik pungli oleh oknum petugas. 

SURYA.co.id | MADIUN - Sebuah video diduga praktik pungutan liar (pungli) di Kantor Samsat Kabupaten Madiun, yang diunggah netizen Husain Fata Mizani, di akun Facebooknya, Jumat (31/8/2018) kemarin, langsung ditindaklanjuti pihak Polres Madiun. Hari ini, Sabtu (1/9/2018) Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) dan Tim Saber Pungli Polres Madiun, telah menindaklanjuti laporan Husain.

"Kami sudah melakukan penyelidikan. Nanti kalau terbukti benar ada penyimpangan atau temuan penyimpangan akan dilakukan tindakan tegas," kata Kapolres Madiun, AKBP I Made Agus Prasatya, Sabtu (1/9/2018).

Prasatya mengapresiasi masyarakat yang telah ikut mengawasi dan memberi kritik unit pelayanan di Samsat Kabupaten Madiun. Bahkan, Prasatya juga sudah bertemu langsung dengan Husain.

"Saya sudah bertemu dengan Husain. Dia menyampaikan hari ini pelayanan sudah bagus. Polri sudah sangat cepat, Polri langsung merespon keluhan masyarakat. Terima kasih kepada masyarakat, yang telah mengkritisi Polri," sambungnya.

Dia menuturkan, segala tarif pelayanan di Samsat, di antaranya penerbitan STNK baru dan perpanjangan, pengesahan STNK, harus sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) no 60 tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Sehingga tidak dibenarkan apabila ada pungutan atau tambahan tarif di luar itu.

"Kalau ada di luar itu, masyarakat bisa melapor. Bisa melalui kotak pengaduan, website, bahkan kami sudah membuka media pengaduan langsung ke whatsapp kapolres," ujarnya.

Dalam video yang diunggah Husain, tampak oknum petugas Samsat Kabupaten Madiun diduga melakukan pungli kepada warga yang sedang mengurus pajak.

Dugaan pungli itu dilakukan seorang oknum petugas yang berada di loket cek fisik kendaraan bermotor Samsat Kabupaten Madiun yang berlokasi di Jalan Mayjen Panjaitan no 14, Kelurahan Pandean, Kecamatan Taman, Kota Madiun.

Video dugaan praktek pungutan liar itu direkam Husain Fata Mizani pada Jumat (31/8/2018) pukul 10.51 WIB. Video berdurasi sekitar 1 menit 40 detik itu kemudian ia unggah di akun facebooknya.

Husain merekam aktivitasnya saat hendak melakukan cek fisik mobilnya, menggunakan ponselnya. Dalam video itu, tampak Husain menyerahkan berkas kepada petugas di loket cek fisik Samsat Kabupaten Madiun.

Halaman
12
Penulis: Rahadian Bagus
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved