Berita Mojokerto

Gelar Seminar di Ruang Outdoor untuk Menekan Tingkat Stres Pada Penderita Kanker

Seminar tentang kanker dan kemoterapi sangatlah penting. Supaya, masyararakat lebih peduli akan penyakit kanker

Gelar Seminar di Ruang Outdoor untuk Menekan Tingkat Stres Pada Penderita Kanker
SURYA.co.id/Danendra Kusumawardhana
Antusias peserta saat mengikuti Seminar Kanker dan Kemoterapi. Mereka fokus memperhatikan penjabaran dari setiap pembicara, Sabtu (1/9/2018). 

SURYA.co.id l MOJOKERTO - Tim ilmiah Rumah Sakit Kusta (RSK) Sumberglagah menggelar acara 'Seminar Kanker dan Kemoterapi' di Ladang Anggrek Dusun Adisono Desa Lebaksono, Pungging, Kabupaten Mojokerto, Sabtu (1/9/2018).

Acara seminar ini diperuntukkan untuk umum. Para peserta yang hadir datang dari berbagai latar belakang, masyararakat awam, guru, penderita kanker yang sedang menjalani kemoterapi, dan keluarga penderita kanker.

Berbeda dengan acara seminar lainnya, panitia menggelar acara bukan di dalam gedung, melainkan di tempat terbuka dengan pemandangan bunga anggrek. Peserta seminar berasal dari Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Jombang.

"Acara seminar kanker dan Kemoterapi dihadiri 167 orang. Acara ini gratis," kata Dr. Aisyah Romadhona selaku ketua panitia.

Aisyah mengatakan, pemilihan tempat terbuka bukan tanpa maksud. Sebab, tempat terbuka dapat dijadikan terapi relaksasi bagi penderita kanker.

"Dengan melihat pemandangan alam yang hijau. Tingkat stres penderita kanker akan menurun," jelasnya.

Panitia menghadirkan tiga pembicara dari berbagai bidang disiplin ilmu kedokteran. Pembicara itu adalah dr. Djoko Soelistijono, SpB, Onk (K), dr. Sri Endah WM, SpRad, dr. Rasyid Salim, SpKJ.

Para pembicara memaparkan mulai dari bagaimana cara mendeteksi dini penyakit kanker, terapi kemoterapi, mengulas tentang efek samping kemoterapi, pemeriksaan keberlanjutan pasca kemoterapi, dan psikologis pasien.

"Seminar ini adalah acara yang kedua. Tiap tahun kami selalu mengadakan acara seminar. Sebelumnya kami mengadakan seminar dengan tema yang sama, namun pesertanya dokter," ujarnya.

Menurut, Aisyah seminar tentang kanker dan kemoterapi sangatlah penting. Supaya, masyararakat lebih peduli akan penyakit kanker. Selain itu, membangun hubungan antara pasien kanker dengan keluarga agar selalu memberikan motivasi dan semangat.

Halaman
123
Penulis: Danendra Kusumawardana
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help