Berita Surabaya

Yayuk Puji Rahayu Resmi Gantikan Basuki di DPRD Jatim

Anggota Fraksi Partai Gerindra, M Basuki digantikan Yayuk Puji Rahayu melalui mekanisme pergantian antar waktu (PAW).

Yayuk Puji Rahayu Resmi Gantikan Basuki di DPRD Jatim
surya/bobby kolloway
Anggota Fraksi Gerindra, Yayuk Puji Rahayu bersalaman dengan Ketua DPRD Jatim, Abdul Halim Iskandar, usai dilantik di Sidang Paripurna istimewa, Jumat (31/8/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DPRD Jatim menggelar Pergantian Antar Waktu (PAW) terhadap salah satu anggotanya.

Anggota Fraksi Partai Gerindra, M Basuki digantikan Yayuk Puji Rahayu melalui mekanisme pergantian antar waktu (PAW).

Yayuk dilantik langsung oleh ketua DPRD Jatim, Abdul Halim Iskandar melalui sidang paripurna istimewa, Jumat (31/8/2018).

Pergantian ini menindaklanjuti surat keputusan dari Kemendagri terkait pergantian antar waktu anggota DPRD Jatim.

"Selamat datang Ibu Yayuk. Dengan demikian, maka teman kita sekarang yang memiliki nama Yayuk Rahayu ada dua. Selain Ibu Yayuk Puji Rahayu, juga ada Ibu Yayuk Padmi Rahayu (Fraksi Gerindra)," canda Pimpinan Sidang yang juga Wakil Ketua DPRD Jatim, Soenarjo.

Basuki terpaksa digantikan karena ia tersangkut kasus korupsi.

Mantan Ketua Komisi B DPRD Jatim tersebut terbukti terlibat kasus suap dan diganjar hukuman 7 tahun penjara oleh Ketua Majelis Hakim I Wayan Sosiawan dengan anggota Rochmad SH di Pengadilan Tipikor Surabaya, Senin (29/1/2018) silam.

Terdakwa yang pernah menjabat Ketua DPRD Surabaya itu, juga dihukum membayar denda Rp 225 juta dengan subsider kurungan 1 tahun.

Tidak itu saja, majelis hakim juga mencabut hak politik Basuki selama 4 tahun karena dianggap terbukti atas suap yang diterima mantan wakil rakyat itu.

Terdakwa dinyatakan terbukti bersalah melanggar Pasal 12 huruf a atau b atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 Ayat 1 ke-1 KUHP.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help