Berita Malang Raya

Puluhan Anggota DPRD Kota Malang Akan Diperiksa KPK di Jakarta

Puluhan anggota DPRD Kota Malang akan diperiksa KPK sebagai saksi. Pekan depan, pemeriksaan diagendakan berlangsung di Jakarta.

Puluhan Anggota DPRD Kota Malang Akan Diperiksa KPK di Jakarta
surabaya.tribunnews.com/hayu yudha prabowo
Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) keluar rumah rumah anggota DPRD, Kota Malang, Mulyanto usai melakukan penggeledahan di Jalan S Supriadi Gang 8, Kota Malang, Kamis (30/8/2018). Penggeledahan pada sejumlah rumah anggota DPRD Kota Malang ini untuk mencari bukti baru dalam pengembangan kasus suap pembahasan APBD-P Tahun 2015. 

SURYA.co.id | MALANG - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal memeriksa anggota DPRD Kota Malang, Sabtu (1/9/2018). Pemeriksaan masih ditempatkan di Mapolres Malang Kota.

Saksi yang bakal dimintai keterangan di hari kedua pemeriksaan saksi antara lain anggota DPRD Kota Malang 2014 - 2019. Dari informasi yang dihimpun Surya, ada puluhan anggota dewan yang bakal diperiksa sebagai saksi.

Plt Wakil Ketua DPRD Kota Malang Choeroel Anwar mengakui dirinya bakal dimintai keterangan sebagai saksi, Sabtu (1/9/2018).

"Saya dimintai keterangan hari Sabtu. Banyak juga teman-teman anggota dewan yang lain. Anggota Banmus (Badan Musyarwarah) sepertinya semua, kalau melihat surat panggilan yang diedarkan kemarin," ujar Choeroel.

Saat ini anggota dewan Kota Malang tersisa 27 orang dari jumlah seluruhnya 45 orang. 18 orang sudah ditahan oleh aparat penegak hukum, dengan status terpidana dan terdakwa. 17 orang terdakwa kini masih menjalani persidangan di Pengadilan Tipikor dalam dugaan perkara menerima suap pembahasan Perubahan APBD Kota Malang 2015.

Di saat 17 anggota dewan masih menjalani persidangan, KPK kembali melakukan penyidikan terhadap anggota dewan tersisa dalam perkara yang sama. Sabtu (1/9/2018) penyidik bakal memanggil mereka sebagai saksi.

Dari penghitungan Surya, setidaknya ada 20-an orang anggota dewan yang bakal diperiksa sebagai saksi. Selain anggota dewan, Sekretaris DPRD Kota Malang Bambang Suharijadi juga bakal kembali dipanggil sebagai saksi, Sabtu (1/9/2018).

Para saksi itu akan dipanggil secara bergelombang, mulai pukul 10.00 Wib.

"Hari ini sudah memberikan keterangan, tetapi besok disuruh kembali lagi untuk jadi saksi," kata Bambang.

Baca: Terungkap, Anggota DPRD Kota Malang Biasa Minta Setoran

Setelah pemeriksaan pekan ini, ternyata pemeriksaan terhadap anggota DPRD Kota Malang tidak juga berhenti. Pekan depan, anggota dewan kembali diperiksa. Pemeriksaan tidak dilakukan di Mapolres Malang Kota.

Pekan depan pemeriksaan dilakukan di gedung KPK Jakarta. Bambang tidak mengetahui berapa jumlah anggota dewan yang bakal dimintai keterangan di Jakarta pekan depan.

"Pada intinya, kami diminta bersiap-siap karena pekan depan ada pemanggilan untuk anggota dewan ke Jakarta," ujarnya. Bambang tidak mengetahui apakah pemanggilan anggota dewan itu untuk dimintai keterangan sebagai saksi atau sebagai tersangka.

"Saya belum terima suratnya," pungkas Bambang.

Dari informasi yang dihimpun Surya, tim penyidik menyebut pemeriksaan bakal dilakukan kepada semua anggota dewan periode 2014 - 2019. Jika mengacu kepada periode itu, maka dari 27 orang yang tersisa, hanya dua orang yang ditengarai kuat tidak terlibat.

Sebab keduanya menjadi anggota dewan melalui mekanisme pergantian antar waktu (PAW) di tahun 2017 dan 2018. 

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved