Berita Malang Raya

Keterwakilan Perempuan Dalam Pemilihan Legislatif di Kota Malang Sudah 30 Persen

KPU Kota Malang menyatakan keterwakilan Caleg perempuan telah memenuhi kuota 30 persen untuk Pileg Kota Malang 2019.

Keterwakilan Perempuan Dalam Pemilihan Legislatif di Kota Malang Sudah 30 Persen
ist/kompas.com
Ilustrasi 

SURYA.co.id | MALANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang menyatakan keterwakilan Caleg perempuan telah memenuhi kuota 30 persen untuk Pileg Kota Malang 2019.

Pemenuhan kuota 30 persen Caleg perempuan itu berasal dari 14 partai politik yang bakal berkompetisi di Pileg kota Malang 2019.

Ketua KPU Kota Malang, Zaenudin mengungkapkan, pihaknya telah menandatangani pakta integritas terkait pemenuhan keterwakilan perempuan dalam Daftar Calon Sementara (DCS) anggota DPRD Kota Malang.

"Jumlah Caleg perempuan di setiap Parpol berbeda, tetapi semua sudah memenuhi kuota minimal 30 persen," ujar Zaenudin, Jumat (31/8/2018).

Berdasarkan rekapitulasi KPU Kota Malang, Partai Golongan Karya (Golkar) mengirimkan paling banyak caleg perempuan yakni 17 orang atau 38,64 persen dari total 44 caleg yang didaftarkan. Sementara jika dilihat dari persentase, Partai Bulan Bintang (PBB) berada di posisi paling tinggi, 47,62 persen karena partai tersebut mengirim 10 orang perempuan dari 21 calegnya.

Paling sedikit yakni Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang mengirim 6 orang perempuan dari 18 calegnya atau 33,33 persen.

"Ada yang mendaftarkan penuh, ada juga caleg yang dicoret dari daftar karena tidak lolos verifikasi," katanya.

Dari 14 Parpol, hanya empat yang mengirim penuh caleg sesuai jumlah kursi dewan. Mereka adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan 31,11 persen caleg perempuan atau 14 orang. Persentase yang sama juga terlihat di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Sedangkan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) mengirim 15 orang perempuan dari 45 caleg atau 33,33 persen. 

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help