Berita Malang Raya

Refleksi Cinta Kebangsaan di Malang, Peserta Nyanyikan Lagu Meraih Bintang Via Vallen

Refleksi Cinta Kebangsaan yang digelar di Balai Kota Malang disemarakkan dengan nyanyian Meraih Bintang oleh para peserta

Refleksi Cinta Kebangsaan di Malang, Peserta Nyanyikan Lagu Meraih Bintang Via Vallen
surabaya.tribunnews.com/hayu yudha prabowo
Peserta memegang dan membentangkan bendera merah putih diiringi lagu-lagu nasional dalam kegiatan Refleksi Cinta Kebangsaan Jilid 2 yang digelar Aliansi Masyarakat Anak Negeri (AMAN) di depan Balai Kota Malang, Kamis (30/8/2018). Dalam kegiatan ini massa aksi juga menggelar deklarasi diantaranya menolak faham radikal dan terorisme, menolak ujaran kebencian dan hoax. SURYA/HAYU YUDHA PRABOWO 

SURYA.co.id | MALANG - Aliansi Masyarakat Anak Negeri (AMAN) se-Malang Raya kembali menggelar Refleksi Cinta Kebangsaan di depan Balai Kota Malang, Kamis (30/8/2018) sore.

Refleksi Cinta Kebangsaan ini merupakan kegiatan kedua kalinya, sejak tahun kemarin digelar.

Tahun lalu, refleksi ini digelar bersamaan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional. Kali ini digelar di bulan Agustus, sekaligus untuk merayakan Hari Kemerdekaan 17 Agustus.

Refleksi Cinta Kebangsaan edisi kedua ini diikuti oleh ratusan orang. Mereka berasal dari lintas elemen, seperti tokoh agaman, tokoh organisasi kemasyarakatan, pemuda, komunitas, juga dari kepolisian.

Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri mengikuti kegiatan itu.

Tokoh agama yang terlihat ikut antara lain Bonsu Anton, rohaniawan dari Klenteng En Ang Kiong Kota Malang.

Refleksi itu dimulai dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, yang dilanjutkan dengan menyanyikan sejumlah lagu nasional seperti Hari Merdeka, Padamu Negeri, dan Garuda Pancasila. Peserta juga mendeklarasikan kedamaian dari Kota Malang.

Deklarasi itu berbunyi, bahwa masyarakat Kota Malang menyatakan menolak Paham radikal dan terorisme; menolak segala bentuk ujaran kebencian, adu domba, berita hoax, dan isu SARA; mendukung pemberantasan penyalahgunaan narkoba; dan sepakat mendukung pelaksanaan Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif tahun 2019 secara aman dan damai.

Setelah membaca deklarasi itu, seluruh peserta menyanyikan lagu Meraih Bintang, salah satu lagu official Asian Games 2018 yang dipopulerkan oleh penyanyi Via Vallen.

Ketua Panitia Refleksi Cinta Kebangsaan edisi kedua Jerufael Manoraja mengatakan kegiatan itu untuk menyerukan perdamaian dari Kota Malang.

"Kegiatannya berupa parade lagu-lagu nasional dan refleksi kemerdekaan. Melalui kegiatan ini kami suarakan perdamaian, dan menyerukan perdamaian dan persaudaraan dari Kota Malang. Berbeda tetapi satu jua, Bhinneka Tunggal Ika," ujar Jeru.

Peserta refleksi memakai kostum merah dan putih. Mereka juga membentangkan bendera merah putih berukuran besar.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help