Berita Madiun

Puluhan Peserta Pelatihan Kewirausahaan Sakit Perut usai Makan Nasi Kotak. Keracunan?

Puluhan peserta pelatihan kewirausahaan yang digelar di Madiun mendadak sakit perut usai menyantap nasi kotak. Keracunan?

Puluhan Peserta Pelatihan Kewirausahaan Sakit Perut usai Makan Nasi Kotak. Keracunan?
ist
ilustrasi 

SURYA.co.id|MADIUN - Puluhan peserta pelatihan kewirausahaan pada kegiatan pemberdayaan UMKM di Kota Madiun, Selasa (28/8/2018) kemarin mengalami sakit perut. Para peserta mengalami sakit perut usai memakan nasi kotak yang diberikan panitia acara.

Acara yang selenggarakan oleh Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Kota Madiun itu digelar di kantor Kecamatan Kartoharjo. Kegiatan pelatihan itu diikuti sekitar 90 orang.

Kabid Koperasi dan Usaha Mikro, Maryanto ketika dikonfirmasi membenarkan adanya peristiwa tersebut. Tidak hanya peserta yang mengalami sakit perut, panitia yang memakan nasi kotak juga mengalami sakit perut.

"Memang benar, pada Selasa (28/8/2018) kemarin kami mengadakan kegiatan di Kecamatan Kartoharjo. Kebetulan, kami memang menggunakan penyedia pihak ketiga. Sebenarnya itu bukan ada unsur kesengajaan, mungkin ada kesalahan dari penyedia sendiri. Kami selaku panitia juga mengalami sakit perut," kata Maryanto saat dihubungi, Kamis (30/8/2018) siang.

Baca: Cangkang Keong Sawah Jadi Pengawet Buah Mangga

Ia mengaku sudah meminta maaf kepada peserta, melalui ketua asosiasi masing-masing. Pihaknya juga telah menegur pihak penyedia makanan yang telah menyebabkan para peserta dan panitia mengalami sakit perut selama dua hari.

"Kami semalam sudah menghubungi ketua asosisasi dan meminta maaf, dan sudah menegur penyedia makanan, pihak ketiga itu. Kenapa bisa seperti itu," katanya.

Dia menduga, para peserta dan panitia mengalami sakit perut setelag memakan nasi kotak yang dibeli dari catering Madaharan. Masing-masing peserta mendapat jatah satu nasi kotak yang per kotaknya seharga Rp 30 ribu.

"Yang jelas makan besarnya (nasi kotak), bukan dari snacknya," imbuhnya.

Ketua Asosisiasi UMKM Madiun, Kusbeni Abdulah juga membenarkan, sejumlah anggotanya mengalami sakit perut usai memakan nasi kotak dari panitia.

"Ada yang tanya di grup UKM. Saya mules- mules sendirian atau ada yang lain. Pada sahut-sahutan, iya sakit perut," katanya.

Dia menuturkan, dari anggota Asosiasi UMKM Madiun yang diundang untuk mengikuti acara sebanyak 30 orang. Dia sendiri tidak mengikuti, karena ber-KTP Kabupaten Madiun.

Dari 30 orang yang mengikuti kegiatan, hampir seluruhnya mengalami sakit perut usai memakan nasi kotak.

"Kesimpualnnya semua, kecuali yang tidak makan. Ada yang dibawa pulang, dikasih anaknya, anaknya yang kena,"imbuhnya.

Penulis: Rahadian Bagus
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help