Berita Bangkalan Madura

Penjualan Gitar Menurun, Cajanna Bangkalan Produksi Traveling Guitar

Produsen gitar mengeluh pasar yang sedang hancur. Salah satunya Cajanna. Untuk menyiasati itu, Cajanna memproduksi gitar untuk traveling

Penjualan Gitar Menurun, Cajanna Bangkalan Produksi Traveling Guitar
surabaya.tribunnews.com/ahmad faisol
Agung tengah menyelesaikan produksi kelima traveling guitar. Pemesanan gitar jenis ini mulai ramai karena mudah dimasukkan ransel atau diselipkan di kantong belakang jok mobil 

SURYA.co.id | BANGKALAN - Mendengarkan atau menyanyikan lagu dalam mobil melalui pemutar musik sudah menjadi hal lumrah. Namun sensasinya akan terasa berbeda ketika di dalam mobil bernyanyi bersama diiringi suara gitar selama perjalanan.

Bagi beberapa para pehobi traveling, gitar tidaklah masuk dalam daftar barang bawaan yang wajib disertakan. Selain karena sudah terwakili pemutar musik di ponsel, membawa gitar pasti akan memakan tempat.

Kondisi itu kini bisa teratasi. Para pehobi traveling bisa bermain gitar di dalam mobil bahkan menyimpannya di kantong belakang jok mobil.

"Traveling Guitar sengaja diproduksi untuk para petualang. Baru sebulan saya produksi dan sudah laku empat buah," ungkap perajin gitar Agung Pandu Wijaya (47) ketika ditemui di Galeri Cajanna Guitar Kampung Panci'an Kelurahan Bancaran, Kamis (30/8/2018).

Baca: Cangkang Keong Sawah Jadi Pengawet Buah Mangga

Agung memangkas ukuran soundboard atau tabung gitar. Ia menyisakan seperlima dari ukuran normal soundboard gitar. Sehingga ukuran tabung gitar lebih kecil. Traveling guitar bahkan bisa dimasukkan ransel.

Kendati demikian, suara yang dihasilkan tidak sedikitpun mengurangi resonansi suara gitar. Karena dimensi enam senar pada stang gitar dibuat tidak berubah dari ukuran normal.

"Kualitas stang gitar ditingkatkan dengan sistem tanam besi. Sehingga mampu menjaga kekuatan stang agar tidak bengkok," jelas bapak dengan tujuh anak itu.

Ia mengatakan, traveling guitar dilengkapi dengan jack output yang bisa disambungkan ke amplifier. Sehingga suara yang dihasilkan lebih terdengar jelas

"Bisa dicolokkan ke perangkat audio di mobil. Karena soundboard nya lebih kecil maka leluasa meski bermain gitar dalam mobil," katanya.

Baca: Mahasiswa UK Petra Tawarkan Konsep Kreatif Pengembangn Eks Lokalisasi Dolly

Agung menambahkan, trend penjualan gitar akustik dalam beberapa tahun terakhir mengalami penurunan. Bahkan, produksinya sempat terhenti karena tidak ada pesanan.

Halaman
12
Penulis: Ahmad Faisol
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved