Berita Kediri

Cangkang Keong Sawah Jadi Pengawet Buah Mangga

Mahasiswa Institut Ilmu Kesehatan (IIK) Bhakti Wiyata, Kota Kediri menciptakan pengawet buah dari bahan cangkang keong sawah.

Cangkang Keong Sawah Jadi Pengawet Buah Mangga
surabaya.tribunnews.com/didik mashudi
Empat mahasiswa IIK Kota Kediri yang menemukan ramuan pengawet buah mangga dari bahan cangkang keong sawah, Kamis (30/8/2018). 

SURYA.co.id | KEDIRI - Mahasiswa Institut Ilmu Kesehatan (IIK) Bhakti Wiyata, Kota Kediri menemukan cairan pengawet buah yang diklaim aman untuk kesehatan.

Cairan pengawet ini berbahan dasar cangkang kreco atau keong sawah yang diberi nama Edible Coating Chitosan Gelatin (Eco Kitin).

Temuan ini merupakan inovasi bahan preservasi buah mangga podang pasca panen.

Hasil inovasi mahasiswa IIK Bhakti Wiyata ini menjadi juara tiga lomba Inovasi Teknologi (Inotek) Kota Kediri 2018 bidang agrobisnis.

Inovasi ini hasil temuan Fathur Ramadhan, Aisyah Hadi Ramadani, Riska Surya Ningrum dan Renny Rosalina.

Baca: Mahasiswa UK Petra Tawarkan Konsep Kreatif Pengembangn Eks Lokalisasi Dolly

Baca: Mahasiswa Buat Program IWAK Untuk Dongkrak Ekonomi Rakyat di Pasuruan

Menurut Fathur Ramadhan, penelitian Eco Kitin dilatarbelakangi buah mangga podang yang merupakan buah endemik di Kediri. Dalam kondisi normal, buah mangga podang yang masak hanya bertahan disimpan 5 - 8 hari.

"Kami berupaya menemukan inovasi bagaimana caranya buah mangga podang dapat disimpan lebih lama dan aman bagi kesehatan. Selama ini pengawetnya memakai bahan lilin yang berbahaya bagi kesehatan," ungkapnya.

Hasil inovasi memakai bahan dasar cangkang keong sawah yang diolah beberapa tahap.

"Selama ini cangkang kreco banyak dibuang, karena yang dimakan dagingnya. Kami memanfaatkan cangkangnya untuk bahan pengawet," tambahnya.

Pengolahan dilakukan dengan demineralisasi untuk menghilangkan mineral dalam cangkang. Kemudian diasetilasi serta dikeringkan hingga menjadi serbuk.

Halaman
12
Penulis: Didik Mashudi
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved